Sarah Yanty Pasaribu, Ayu (2023) Pengaruh bermain gamelan terhadap perilaku prososial anak di Sekolah Dasar Ungaran 1 Yogyakarta. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ayu Sarah Yanty Pasaribu_2023_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ayu Sarah Yanty Pasaribu_2023_BAB I.pdf Download (543kB) |
|
Text
Ayu Sarah Yanty Pasaribu_2023_BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ayu Sarah Yanty Pasaribu_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku prososial adalah perilaku berbagi sesuatu dengan orang lain, memberikan kesediaan untuk berkerja sama, membantu dan menghibur seseorang dalam kesusahan. Beberapa penelitian pernah menggunakan musik dan kemampuan perilaku prososial, diketahui bahwa dengan musik menjadi sarana yang efektif untuk membina komunitas dan interaksi sosial. Meskipun, musik yang digunakan adalah musik seni Barat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh musik gamelan terhadap perilaku prososial anak. Dan, Faktor yang mempengaruhi perilaku prososial anal pada saat bermain gamelan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 31 orang siswa Sekolah Dasar kelas 2-5. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner Scenario-Base Prosocial Intention Questionnaire (SBPIQ). Teknik analisis data yang digunakan adalah SPSS 15 for windows untuk melihat hasil dokumen kuesioner. Hasil Penelitian diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan Output SPSS yaitu kategori menolong (nilai minimum 12 dan nilai maximum 24), kategori berbagi (nilai minimum 9 dan nilai maximum 20), kategori menghibur (niali minimum 23 dan nilai maximum 36), kategori kerjasama (nilai minimum 8 dan nilai maximum 16). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bermain gamelan dapat mempengaruhi perilaku prososial anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi perilaku prososial anak adalah faktor gender, usia anak, pendidikan ayah, pendidikan ibu, pekerjaan ayah dan pekerjaan ibu. Dan, nilai-nilai prososial yang terkandung dalam bermain gamelan, antara lain: kerjasama, bertanggung jawab, konsentrasi, kepimpinan, mengendalikan dirim rasa, sopan dan hormat. Kata kunci: Gamelan, Perilaku Prososial, Kuseioner Scenario-Base Prosocial Intention Questionnaire (SBPIQ).
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gamelan, Perilaku Prososial, Kuseioner Scenario-Base Prosocial Intention Questionnaire (SBPIQ) | ||||||||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||||||||
Depositing User: | Ayu Sarah Yanty Pasaribu | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:41 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/14761 |
Actions (login required)
View Item |