Kreativitas Septiawan dalam Komposisi Aji Saka di SMP Krista Gracia pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2021

Dean Nurvika, Vita (2023) Kreativitas Septiawan dalam Komposisi Aji Saka di SMP Krista Gracia pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2021. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
VITA DEAN NURVIKA_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (342kB)
[img] Text
VITA DEAN NURVIKA_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text
VITA DEAN NURVIKA_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
VITA DEAN NURVIKA_2023_BAB I.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Kreativitas Septiawan dalam Komposisi Aji Saka di SMP Krista Gracia pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2021” ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tahapan kreativitas yang dilakukan Septiawan dalam menciptakan komposisi Aji Saka di SMP Krista Gracia pada FLS2N tahun 2021 beserta aspek pendukungnya. Adapun karya tersebut disajikan dalam bentuk komposisi karawitan kontemporer dengan menampilkan sebuah alur cerita terstruktur yang diekspresikan melalui unsur intra musikal dan ekstra musikal. Karya yang ditampilkan berbentuk audio visual sehingga memiliki beberapa faktor penunjang yang saling berkaitan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penyampaian data berbentuk deskripsi dari penelitian objek yang dilakukan melalui teknik pengumpulan data (diskografi, observasi, wawancara, studi pustaka), analisis data (reduksi, penyajian), dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kreativitas Septiawan dalam komposisi Aji Saka di SMP Krista Gracia pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tahun 2021 dilakukan melalui proses kreatif. Adapun proses kreatif yang dilakukan meliputi pemikiran kreatif dengan tahapan membaca, tafsir, realisasi, hingga penuangan musikal. Proses tersebut menggunakan metode terstruktur sebagai susunan kreativitas pemecahan masalah yang dilalui dengan melakukan seleksi siswa, menentukan durasi, eksplorasi, rengeng-rengeng, transformasi, dan harmonisasi. Beberapa bentuk kreativitas yang diterapkan meliputi kreativitas ide penciptaan, kreativitas alat, dan kreativitas musikal. Selain itu, ditunjang oleh faktor pendukung di antaranya adalah sumber daya manusia yang unggul, peran serta dukungan dari sekolah, dan tempat pelaksanaan proses hingga lomba yang support dan kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dean Nurvika, Vitanim1810724012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorAsep, Saepudinnidn0015067708
ContributorSetya Rahdiyatmi, Kurnia Jatilinuarnidn0030049106
Department: KODEPRODI91211#KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: kreativitas, proses kreatif, metode penciptaan, komposisi karawitan
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: Vita Dean Nurvika
Date Deposited: 14 Aug 2023 22:55
Last Modified: 15 Aug 2023 01:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15031

Actions (login required)

View Item View Item