Pengaruh Musik Latar Terhadap Pengalaman Immersion Role Playing Game Final Fantasy VII Remake Pada Mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Rajabasa, Bona (2023) Pengaruh Musik Latar Terhadap Pengalaman Immersion Role Playing Game Final Fantasy VII Remake Pada Mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bona Rajabasa_2023_FullTeks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bona Rajabasa_2023_Bab I.pdf

Download (16MB)
[img] Text
Bona Rajabasa_2023_Bab Penutup.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bona Rajabasa_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (670kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Musik latar telah terbukti menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap video game yang sukses. Pada momentum yang sama, semua produsen dan pemain video game berharap video game dapat dibuat lebih menarik dan berbeda untuk mendapatkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran musik latar video game dalam pengaruh immersion subjektif pemain. Enam puluh sembilan subjek yang terdaftar menjadi mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta diperintahkan sesuai dengan pembagian pada tiga kelompok game dimana yang mereka mainkan untuk bergabung dalam kelompok eksperimen. Subjek yang mendapatkan kelompok eksperimen ditugaskan untuk menyelesaikan salah satu scene dari rangkaian cerita game RPG FINAL FANTASY VII REMAKE yaitu permainan disaat melawan The Airbuster Boss dengan musik ciptaan Nubuo Uematsu, maupun kelompok eksperimen tanpa musik dan sebagian partisipan menjadi kelompok kontrol dengan memainkan game catur. Setelah bermain selama 20 menit, partisipan menyelesaikan kuesioner sebanyak 32 pertanyaan dengan tujuan untuk mendeteksi immersion mereka selama bermain video game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta dengan treatment musik latar mendapatkan skor yang lebih tinggi secara signifikan dari kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa musik latar memang meningkatkan pengalaman immersion partisipan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rajabasa, Bonanim19102030131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustap, Kustapnidn0001076707
ContributorRahmad Dhani, Kurnianidn0027078810
Department: KODEPRODI91221#MUSIK
Uncontrolled Keywords: Musik Latar, Immersion, Role Playing Game, Final Fantasy.
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bona Rajabasa
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:23
Last Modified: 12 Oct 2023 07:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15159

Actions (login required)

View Item View Item