Perancangan User Interface Web App Learning Management System (LMS) Pada Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Nata Jayasentika, Yeremias (2022) Perancangan User Interface Web App Learning Management System (LMS) Pada Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Yeremias Nata Jayasentika_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Yeremias Nata Jayasentika_2022_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (883kB)
[img] Text
Yeremias Nata Jayasentika_2022_BAB V Penutup.pdf

Download (590kB)
[img] Text
Yeremias Nata Jayasentika_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Yeremias Nata Jayasentika_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Yeremias Nata Jayasentika_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Pemanfaatan IoT secara nyata mulai digunakan secara luas sejak pandemi Covid-19 terjadi pada tahun 2020. Adanya pandemi Covid-19 membawa manusia untuk semakin menyadari pentingnya pemanfaatan perkembangan teknologi IoT. IoT memungkinkan manusia untuk menggantikan aktivitas konvensional seperti bekerja, sekolah, dan kuliah secara tatap muka untuk dilakukan secara daring (online) selama pandemi Covid-19. Permasalahan inilah yang kemudian melatarbelakangi keinginan penulis untuk meningkatkan kemudahan proses belajar mengajar dengan mengoptimalkan LMS (Learning Management System) khususnya bagi mata kuliah menggambar seperti Nirmana. Hal ini pun didukung dari hasil kuisioner yang disebar oleh penulis dimana mengungkapkan bahwa 80% mahasiswa menginginkan adanya pembaharuan LMS pada mata kuliah praktek agar mahasiswa tetap dapat terhubung dengan dosen saat mengerjakan karya, khususnya Nirmana. Demikian perancangan ini dilakukan untuk merancang user interface web app LMS bagi mata kuliah Nirmana pada Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Yogyakarta khususnya pada mata kuliah Nirmana yang dapat membantu proses pembelajaran. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking. Hasil dari perancangan ini adalah menghasilkan rancangan user interface web app LMS yang menggunakan jenis GUI yang mode interface nya berpusat pada pengguna. Selain itu jenis tampilan yang digunakan adalah modular grid karena efektif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dari hasil validation ditemukan bahwa 73,3% responden menyatakan bahwa desain UI LMS memiliki tampilan warna dan desain yang menarik; 76,7% responden menyatakan bahwa desain UI LMS memiliki konten yang memudahkan; 76,7% responden menyatakan bahwa font dan ukuran font dari setiap konten dapat terbaca; 66,7% respoden menyatakan bahwa desain UI telah sesuai dengan harapan; 76,7% responden menyatakan bahwa desain UI memiliki desain yang konsisten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nata Jayasentika, Yeremiasnim1510153124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPrimayudi, Kadeknip198106152014041001
ContributorWidyatmoko, Fxnip197507102005011001
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: user interface, LMS, Nirmana
Subjects: Dokumentasi Lain
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Yeremias Nata Jayasentika
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:27
Last Modified: 21 Aug 2023 04:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15160

Actions (login required)

View Item View Item