Gusti Pradana, Ridhlo (2023) Reinterpretasi Marimbist Melalui Gestur Musikal. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ridhlo Gusti Pradana_2023_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Ridhlo Gusti Pradana_2023_Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ridhlo Gusti Pradana_2023_Bab V.pdf Download (895kB) |
|
Video
Marimba Trailer Resital.mp4 Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
Ridhlo Gusti Pradana_2023_ PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Tidak banyak pemain perkusi khususnya marimba yang merasa dirinya membutuhkan gestur dalam pertunjukan melainkan hanya sekedar bermain layaknya copy-paste apa yang ada di dalam partitur. Melihat fenomena ini, perlu adanya klarifikasi dan pengarahan terhadap setiap pemain marimba betapa pentingnya gestur bagi seorang perfomence. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan sebagai pendukung reinterpretasi marimbist melalui gestur musikal dalam konteks pertunjukan marimba solo.Beberapa teori yang digunakan meliputi teori gestur oleh Hatten (2004) digunakan sebagai acuan dalam analisis gestur secara umum kemudian diterapkan pada seorang marimbist. Selanjutnya teori interpretasi oleh Gracia (1995) digunakan sebagai dasar interpretasi karya dan selanjutnya dilakukan reinterpretasi sehingga menjadi sesuatu kebaruan yang berbeda dari sebelumnya. Metode yang digunakan adalah Marimba Based Research dengan pendekatan studi kasus, yang dimana penulis sekaligus praktisi penelitian akan melakukan sesi latihan mandiri selama satu bulan guna mengetahui ekplorasi gestur yang nantinya ditulis pada pembahasan. Pada setiap minggunya akan diberikan catatan sebagai data pada penelitian ini. Kemudian dalam prosesnya, pertama solis memainkan setiap bagian dengan berdasar pada partiture, baik dari tempo, dinamik, dan unsur musikal lainnya. Kemudian pada beberapa birama yang dirasa perlu memberikan gestur, secara alami akan muncul dengan catatan yang telah dianalisis saat penelitian latihan mandiri seperti Head Bob Grove (mengangguk-anggukkan kepala), Up Stroke (memantulkan mallet secara alami ke udara), Gerak Langkah dan Silang Kaki, Posisi Badan Membungkuk ke bawah (ketika dinamik piano), Posisi Badan Mendorong jatuh ke depan (ketika dinamik forte), dan kemudian diterapkan saat pertunjukan resital. Maka diperoleh kesimpulan bahwa gestur musikal memiliki peran penting dalam mendukung reinterpretasi marimbist, karena melalui gestur musikal, tubuh marimbist akan lebih lentur dan fleksibel saat bergerak ke kanan dan ke kiri, serta dalam menjangkau nada – nada yang jauh akan secara tepat dipukul dan menghasilkan warna suara yang lebih terdengar jelas, kemudian dapat memberikan kesan emosional dan ekspresi artistik dari marimbist kepada audiens.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gestur Musikal, Reinterpretasi, Marimba Concerto No. 1 | |||||||||
Subjects: | Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz) Seni Musik |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | |||||||||
Depositing User: | Ridhlo Gusti Pradana | |||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2023 00:35 | |||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:59 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15198 |
Actions (login required)
View Item |