Jaranan Sentherewe Turangga Wijaya Di Desa Sorogenen II Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta

Haryo Tutuko, A. (2006) Jaranan Sentherewe Turangga Wijaya Di Desa Sorogenen II Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Jaranan Sentherewe adalah kesenian tradisi berasal dari Tulungagung. Dalam perkembangannya kesenian tradisi ini berkembang di Yogyakarta. Hal tersebut dapat terjadi karena prakarsa dari bapak Untung Mulyono melalui Sanggar Tari Kembang Sore yang dipimpin beliau. Pada awal berdirinya tahun 1995 kesenian ini bernama Jaranan Sentherewe Kembang Sore. Akan tetapi pada tahun 2001 kesenian ini berganti nama dari Jaranan Sentherewe Kembang Sore menjadi Jaranan Sentherewe kreasi baru Turangga Wijaya. Bentuk pertunjukan kesenian jaranan tradisi dari Tulungagung masih sederhana, tetapi setelah digarap dalam Jaranan Sentherewe kreasi baru Turangga Wijaya bentuk pertunjukannya lebih bervariasidan menarik. Hal tersebut dapat temadi setelah terjadi penambahan beberapa instrumengamelan Jawa dan instrumenampur Sari. Hal tersebut dilakukan karena funtutan jaman yang menginginkan sebuah hiburan yang menarik. Dengan penambahan alat-alat tersebut kesenian Jaranan Sentherewe krcasi baru Turangga Wijaya dapat diterima oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Haryo Tutuko, A.nim9910143015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
ContributorMuljono, Untungnidn0019095801
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: Jaranan Sentherewe Turangga Wijaya, Desa Sorogenen II Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:50
Last Modified: 21 Dec 2023 09:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15300

Actions (login required)

View Item View Item