Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Instrument Keyboard di Mazmur Musik Yayasan Bukit Zion Surabaya untuk Anak Setingkat Sekolah Dasar Kelas 1 dan 2

Michail, Michail (2014) Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Instrument Keyboard di Mazmur Musik Yayasan Bukit Zion Surabaya untuk Anak Setingkat Sekolah Dasar Kelas 1 dan 2. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Mazmur Musik adalah tempat untuk kursus musik, pembelajaran pada alat musik keyboard untuk anak setingkat sekolah dasar kelas 1 dan 2 yang berada di Jalan. Manyar Kartika Timur no. 2-6 Surabaya, Mazmur Musik ini berada dibawah naungan Yayasan Bukit Zion Surabaya yang tujuannya adalah untuk mendidik orang dalam bidang seni musik untuk lingkungan intern gereja maupun masyarakat umum dengan modul dari ABRSM dan Dinas P dan K Surabaya. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan, pertemuan dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap awal siswa belajar mengenal bagian-bagian instrument keyboard, tangga nada Mayor C, letak nada pada paranada, letak jari pada tuts, belajar memahami nilai not pada prakteknya serta belajar praktek tangganada 5 jari dan 1 oktaf. Tahap menengah siswa belajar praktek tangga nada Mayor C, 1-2 oktaf posisi searah dan berlawanan dengan 2 tangan bersamaan, belajar lagu God is so good, lagu Si Semut dan lagu Sungguh ku Puas yaitu melodi dan akord saja dan tahap akhir siswa belajar lagu God is so good, lagu Si Semut, dan lagu Sungguh ku Puas lengkap dengan memakai intro, style, melody, interlude dan ending. Hasil yang didapatkan di Mazmur Musik adalah sebagian besar anak-anak setingkat sekolah dasar kelas 1 dan 2 dapat bermain instrument keyboard dengan baik karena ditunjang oleh adanya fasilitas instrument keyboard di rumah sebagai sarana berlatih, dan sebagian kecil siswa kurang berhasil dikarenakan tidak tersedianya fasilitas instrument keyboard di rumah. Selain itu hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bacaan bagi pengajar, siswa- siswi di Mazmur Musik maupun untuk masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Michail, Michailnim1011568013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRatnawati Yuwono, Deboranidn0011115504
ContributorKustap, Kustapnidn0001076707
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Keyboard, Mazmur Musik
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:40
Last Modified: 27 Oct 2023 01:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15315

Actions (login required)

View Item View Item