Prinsip Dialektika Dalam Konsep Musikal Talempong Pacik

Rizal MA, Ahmad (2009) Prinsip Dialektika Dalam Konsep Musikal Talempong Pacik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Talempong pacik merupakan salah satu jenis seni musik perkusi tradisi Minangkabau berbentuk ensamhel instrumentalia. Konsep musikalnya antara lain: secara instrumentasi dengan pembagian kelompok permainan alat yang terdiri dari tiga unit ritmik yaitu jantan batino, paningkah, dan panyaua, serta; teknik permainan interlocking, yang mencerminkan prinsip dialektika. Dialektika sebagai pandangan sekaligus digunakan untuk mengkaji aspek musikologis pada salah satu musik etnis Nusantara yaitu talempong pacik. Prinsip dialektika dalam konsep musikal talempong pacik bertujuan untuk mengetahui alasan dan proses mengenai dialektika dalam komposisi musiknya, disamping itu juga mengupas data budaya (konsep adat Minangkabau). Dialektika yang menjadi uraian khusus dalam tulisan ini mempunyai pengertian yaitu suatu proses interaksi melalui tahapan tesis, anti tesis, sintesis. Prinsip dialektika yang ada dalam konscp musikal talempong pacik adalah pada komposisi musiknya yaitu proses terbentuknya sebuah lagu. Sintesis pada talempong pacik adalah sebuah lagu yang jadi, dibangun melalui gabungan dan perpaduan dari permainan ragam pola ritmis dan motif oleh ketiga unit ritmik. Sintesis muncul setelah terjadinya konfliktntara tesis dengan anti tesis. Tesis di dalam lagu talempong pacik adalah ragam pola ritmis dan motif. Anti tesis yang muncul adalah ragam pola ritmis dan motif yang diungkapkan secara tidak paralel berakibat saling bertentangan satu sama lain. Konflikta berupa sejumlah ritmis yang mempunyai daya ganggu, dicirikan olch pola yang tidak sejajar. Ketiga unit ritmik memadukan gagasan yang rumit, terpisah. dan saling berbeda, dalam satu siklus permainan ritem secara ritmikal melalui teknik interlocking. Dialektika sebagai suatu metode: paradigma; bentuk, cara, dan pola berpikir, terproyeksikan melalui aspek musik. Proses interaksi secara terus menerus yang terkait dalam suatu relasi, diindikasikan oelh teknik interlocking. Interlocking merupakan suatu wujud dialog musikal diantara ketiga unit ritmik dalam permainan musik ensambel talempong pacik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rizal MA, Ahmadnim0210224015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPurba, Krismusnidn0025126206
ContributorRazak, Amirnidn0011117103
Department: KODEPRODI91201# ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: dialektika, musik talempong pacik
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:56
Last Modified: 27 Oct 2023 03:56
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15340

Actions (login required)

View Item View Item