Rizal MA, Ahmad (2009) Prinsip Dialektika Dalam Konsep Musikal Talempong Pacik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (48MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I.pdf Download (9MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
Abstract
Talempong pacik merupakan salah satu jenis seni musik perkusi tradisi Minangkabau berbentuk ensamhel instrumentalia. Konsep musikalnya antara lain: secara instrumentasi dengan pembagian kelompok permainan alat yang terdiri dari tiga unit ritmik yaitu jantan batino, paningkah, dan panyaua, serta; teknik permainan interlocking, yang mencerminkan prinsip dialektika. Dialektika sebagai pandangan sekaligus digunakan untuk mengkaji aspek musikologis pada salah satu musik etnis Nusantara yaitu talempong pacik. Prinsip dialektika dalam konsep musikal talempong pacik bertujuan untuk mengetahui alasan dan proses mengenai dialektika dalam komposisi musiknya, disamping itu juga mengupas data budaya (konsep adat Minangkabau). Dialektika yang menjadi uraian khusus dalam tulisan ini mempunyai pengertian yaitu suatu proses interaksi melalui tahapan tesis, anti tesis, sintesis. Prinsip dialektika yang ada dalam konscp musikal talempong pacik adalah pada komposisi musiknya yaitu proses terbentuknya sebuah lagu. Sintesis pada talempong pacik adalah sebuah lagu yang jadi, dibangun melalui gabungan dan perpaduan dari permainan ragam pola ritmis dan motif oleh ketiga unit ritmik. Sintesis muncul setelah terjadinya konfliktntara tesis dengan anti tesis. Tesis di dalam lagu talempong pacik adalah ragam pola ritmis dan motif. Anti tesis yang muncul adalah ragam pola ritmis dan motif yang diungkapkan secara tidak paralel berakibat saling bertentangan satu sama lain. Konflikta berupa sejumlah ritmis yang mempunyai daya ganggu, dicirikan olch pola yang tidak sejajar. Ketiga unit ritmik memadukan gagasan yang rumit, terpisah. dan saling berbeda, dalam satu siklus permainan ritem secara ritmikal melalui teknik interlocking. Dialektika sebagai suatu metode: paradigma; bentuk, cara, dan pola berpikir, terproyeksikan melalui aspek musik. Proses interaksi secara terus menerus yang terkait dalam suatu relasi, diindikasikan oelh teknik interlocking. Interlocking merupakan suatu wujud dialog musikal diantara ketiga unit ritmik dalam permainan musik ensambel talempong pacik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91201# ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | dialektika, musik talempong pacik | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2023 03:56 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2023 03:56 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15340 |
Actions (login required)
View Item |