Qodam Nurani, Heni (2023) Yinyang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Heni Qodam Nurani_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Heni Qodam Nurani_2023_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Heni Qodam Nurani_2023_BAB PENUTUP.pdf Download (32kB) |
|
Text
Heni Qodam Nurani_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
Heni Qodam Nurani_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (215kB) |
Abstract
Manusia merupakan makhluk yang unik. Setiap individunya memilikikarakter yang berbeda satu sama lain. Masing-masing karakter yang dimiliki manusiatersebut, dijelaskan memiliki sisi yaitu positif dan negatif. Positif dan negatif merupakan dua hal yang berbeda dan saling bertolak belakang. Dua hal dan saling bertolak belakang ini sesuai dengan makna dari filsafat Cina yaitu YinYang. YinYang dideskripsikan sebagai dua aspek yang berlawanan kemudian mejadi satu untuk saling membangun satu sama lain. Dengan karakter manusia terutama pada penata dimana memiliki sisi positif dan negatif, kemudian dihubungkan dengan filsafat Cina yaitu YinYang. YinYang merupakan sebuah konsep keseimbangan, diamana keseimbangan ini bersifat dinamis atau selalu berputar. Karya tari YinYang diwujudkan dengan lima penari, dua penari penggambaran karakter Yang atau positif, dua penari penggambaran karakter Yin atau negatif, dan satu penari penggambaran sebagai tokoh penata. Jenis musik yang digunakan berupa MIDI dengan durasi karya 17 menit. Busana yang digunakan menggunakan warna hitam dan putih sesuai dengan warna lambang YinYang, dengan bentuk busana atasan dan bawahan. Untuk Karakter Yang menggunakan pakaian berwarna serba putih, karakter Yin menggunakan pakaian berwarna hitam, dan karakter tokoh, menggunakan pakaian hitam-putih. Karya tari YinYang menggunakan metode pendekatan koreografi oleh Alma Hawkins berupa tahapan eksplorasi, improvisasi, dan komposisi yang kemudian diakhiri dengan evaluasi. Kemudian terbentuknya suatu koreografi dan terciptanya suatu adegan. Adegan dalam karya tari YinYang berupa introduksi menggambarkan didalam penata memiliki dua sisi karakter yang bersifat positif (Yang) dan negatif (Yin), adegan 1 menggambarkan dari mana karakter tersebut terbentuk, adegan 2 menggambarkan ke dua sisi ini saling mendominasi, dan adegan 3 menggambarkan sudah mampu mengendalikan serta terjadinya suatu keseimbangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231# SENI TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Character, positive-negative, YinYang, balance | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Heni Qodam Nurani | |||||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:56 | |||||||||
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:56 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15431 |
Actions (login required)
View Item |