Rumbun, Ferdy (2011) Pengaruh Modul Pembelajaran Musik Kreatif terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Kelas IV SD Bopkri Demangan III Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (34MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu manfaat pelatihan musik sejak dini adalah meningkatkan perkembangan kemampuan pribadi, yang meliputi kreativitas. Untuk dapat mengoptimalkan pelajaran musik sebagai sarana pembentukan pribadi, digunakan modul pembelajaran musik kreatif. Penelitian ini mengkaji peningkatan kreativitas melalui pembelajaran musik kreatif. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV SD Bopkri Demangan III yang berusia 9-11 tahun. Melalui random, subjek dikelompokan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kreativitas adala tes kreativitas figural dan tes kreativitas verbal yang diadaptasi dari Torrance Creativity Test. Teknik analisis data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah est dengan tingkat signifikansi p < 0,05. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hipotesis yang diajukan tidak terbukti maka, kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh modul pembelajaran musik kreatif terhadap peningkatan kreativitas anak kelas IV SD Bopkri Demangan III Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | musik kreatif. kreativitas, t-test | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:04 | |||||||||
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:04 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15693 |
Actions (login required)
View Item |