Penggarapan Aransemen Dalam Rhytm & Blues Atas Lagu Reggae & Shot Sheriff Karya Bob Marley & Virtual Studio Technology Instrument

Nurjanah, Susan (2007) Penggarapan Aransemen Dalam Rhytm & Blues Atas Lagu Reggae & Shot Sheriff Karya Bob Marley & Virtual Studio Technology Instrument. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Lagu I Shot The Sheriff merupakan lagu dengan jenis musik reggae asal Jamaika. Karya Bob Marley yang terdapat dalam album "Burnin" (1973) ini kerap dirnainkan oleh beberapa rnusisi internasional dengan beberapa versi aransemen menarik. Setelah meninjau beberapa versi aransemen lagu tersebut disertai dengan sepengetahuan penulis , selama ini belurn ada yang mengaransemen lagu ini kedalam format rhythm & blues. Jenis rnusik ini erat kaitannya dengan teknologi rnusik yang memiliki tipikal instrumen synthsizer, keyboard dan drum machine, sehingga nilai estetik dalam aransemen ini memiliki karakter bunyi yang dapat menghadirkan warna baru. Namun demikian kendala yang dihadapi dalam proses penggarapan ini terletak pada pertirnbangan dalam menentukan karakter vokal yang cocok untuk jenis lagu ini. Hal ini rnerupakan prioritas utama yang harus diperhatikan dalan1 proses ini. Tujuan dari upaya tersebut adalah untuk mernbangun karakter ciri dari musik rh_ythm & blues, sehingga ide-ide musikal yang terdapat dalal'I\ aransernen ini dapat dinikrnati melalui hasil rekaman audio. Hal tersebut di atas, merupakan proses dan pengalaman dalam penelitian ini, sehingga diharapkan dengan adanya aransernen ini dapat mernasyarakatkan rnusik R & B bagi semua kalangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nurjanah, Susannim0010713013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSanjaya, Singgihnidn0007096209
ContributorGanap, Viktoriusnidn
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: aransemen, musik rhythm & blues, lagu I Shot The Sheriff
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:27
Last Modified: 09 Nov 2023 06:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item View Item