Wahyudi, Agung (2008) Pengajaran musik kelas IV SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian berjudul Pengajaran Musik Kelas IV SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta Tahun Ajaran 2007/2008 ini dilaksanakan untuk memberikan kontribusi pengajaran kepada SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta yang terletak di jalan Parangtritis No. 46 Yogyakarta dalam membimbing anak didik khususnya siswa-siswi kelas IV tentang berolah musik . Tahap awal pengajaran musik di SD tersebut adalah dengan memberikan materi dasar musik yang berupa tempo, ritmik, melodi, harmoni, hingga tahap pembentukan kelompok ansambel yang memainkan lagu Bagimu Negeri karya Kusbini sebagai bahan latihannya. Pengajaran dimulai pada tanggal 14 Maret 2008 dilaksanakan seminggu satu kali selama 35 menit, instrumen yang digunakan dalam latihan ansambel untuk iringan vokal adalah keyboard, snare drum, bass drum, glockenspiel, dan simbal. Pementasan sebagai tahap akhir dan penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Juli 2008 di halaman SD tersebut dengan hasil kurang berhasil, hal ini ditinjau dari beberapa hal antara lain: temponya terlalu cepat dibanding tempo saat latihan. kelompok vokal belum tepat menurut pitch dan ritme, keyboard sebagai pembawa akord harusnya dimainkan dengan dua tangan tetapi baru dapat dimainkan dengan tangan kanan saja
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91221#Seni Musik | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran musik | ||||||
Subjects: | Seni Musik | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2023 07:32 | ||||||
Last Modified: | 02 Nov 2023 07:32 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15783 |
Actions (login required)
View Item |