Proses Penerapan Penalaan Piano Oleh Musmal di Jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Okta Riwayati, Lutfia (2014) Proses Penerapan Penalaan Piano Oleh Musmal di Jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Piano berasal dari kata pianoforte yaitu sebuah instrumenyang dapat menghasilkan suara dengan volume keras maupun lembut di mana di dalam perkembangan sebelumnya hal ini tidak dapat dihasilkan. Piano memiliki lebih dari 200 snar yang memerlukan penalaan (stem) rutin, karena pengaruh pergantian musim yang mengakibatkan ketegangan snar berubah. Penalaan adalah menyesuaikan ketegangan snar piano sehingga suara yang dihasilkan sempurna. Sistem penalaan piano yang sering digunakan saat ini adalah sistem equal tempered yaitu membagi oktaf menjadi 12 nada secara rata. Salah satu tahap untuk membentuk sistem equal tempered ini adalah dengan cara menala nada A4 (440 Hz) yang memiliki tiga snar menjadi satu pitch yang sama, dengan alat yang disebut hammer tuning dan kemudian dilanjutkan dengan merangkai tempered dari nada E3 hingga Bes, sebagai patokan untuk merangkai nada diskan (nada-nada di atas) dan baskan (nada-nada di bawah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Okta Riwayati, Lutfianim0911397013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRohana Sitorus, Eritanidn0013106302
ContributorRatnawati Yuwono, Deboranidn0011115504
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: piano, penalaan, equal tempered
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 03 Nov 2023 00:58
Last Modified: 03 Nov 2023 00:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15814

Actions (login required)

View Item View Item