Kurniawan, Iwan (2008) Penerapan metode pembelajaean Yamaha pada kursus musik junior di sekolah Classy Music Batam. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (943kB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Musik Yamaha Indonesia menawarkan suatu kursus yang disebut Kursus Musik Junior(KMJ) atau Children Electone Course (CEC). KMJ merupakan suatu kursus untuk anak usia 6-8 tahun. Melalui KMJ, anak-anak mengembangkan dasar permainan electone sambil merasakan kegembiraan bermusik. Metode pengajaran di kelas KMJ disesuaikan dengan perkembangan fisik dan mental anak-anak pada umumnya. Materi dalam KMJ dibagi dalam 6 pokok materi yaitu bernyanyi, memainkan electone, ansambel, memainkan akord, teori musik, dan pendengaran. Keseluruhan materi KMJ dikelompokkan menjadi enam tingkatan dalam bentuk buku yaitu Buku Satu untuk Tingkat Pertama, Buku Dua untuk Tingkat kedua, Buku Tiga untuk Tingkat Ketiga, Buku Empat untuk Tingkat Keempat. Buku Lima untuk Tingkat Kelima. dan Buku Enam untuk Tingkat Keenam. Masing-masing tingkatan ditempuh selama 6 bulan dengan lama waktu belajar sebanyak dua puluh pertemuan. Pada akhir pembahasan materi KMJ ini terdapat hasil evaluasi penerapan KMJ Yamaha di sekolah Classy Music Batam. Evaluasi ini dibahas berdasarkan data-data lapangan yang diperoleh melalui observasi lapangan di sekolah musik tersebut. Kesimpulan ditulis berdasarkan data yang diperolch sebenar-benarnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91221#Seni Musik | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Musik anak. El toone.KNU Yamaha | ||||||
Subjects: | Seni Musik | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:27 | ||||||
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:27 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15836 |
Actions (login required)
View Item |