Strategi pembelajaran Vokal Untuk mengantisipasi Demam Panggung Pada Anak Usia 4-7 Tahun di Antonio School of Music Yogyakarta

Fransiska Ga'a, Anggrie (2014) Strategi pembelajaran Vokal Untuk mengantisipasi Demam Panggung Pada Anak Usia 4-7 Tahun di Antonio School of Music Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pengenalan lingkungan yang baru kepada anak membawa berbagai dampak, salah satunya adalah rasa takut dan cemas yang muncul pada saat pementasan musik, dalam bentuk demam panggung. Hal tersebut terjadi juga di lembaga musik Antonio School of Music Yogyakarta. Penelitian ini akan mengupas strategi yang digunakan untuk mengantisipasi demam panggung pada anak usia 4-7 tahun melalui kegiatan bernyanyi, manfaat bernyanyi untuk pengendalian demam panggung, dan efektifitas penggunaan strategi. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada perilaku anak dan upaya-upaya yang dilakukan agar anak menjadi nyaman dan percaya diri saat berada di panggung. Penelusuran terhadap dukungan emosional pada anak, penggunaan permainan pada saat belajar, pemilihan lagu yang sesuai dengan rentang suara anak, dan penciptaan suasana yang lebih familiar dengan keseharian anak merupakan sarana yang efektif untuk mengantisipasi demam panggung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Fransiska Ga'a, Anggrienim1011453013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyasrinestu, Fortunatanidn0023107201
ContributorBintarto Triprasetyo, A. Gathutnidn0004097406
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: demam panggung, strategi mengajar, anak usia 4-7 tahun.
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 03 Nov 2023 04:24
Last Modified: 03 Nov 2023 07:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/15861

Actions (login required)

View Item View Item