Melania, Ranum Awanda (2024) Bentuk Tas Serut Dalam Karya Keramik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogakarta.
Text
Ranum Awanda Melania_2024_BAB I.pdf Download (816kB) |
|
Text
Ranum Awanda Melania_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Ranum Awanda Melania_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (220kB) |
|
Text
Ranum Awanda Melania_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text
Ranum Awanda Melania_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (104kB) |
Abstract
Karya keramik dengan bentuk tas serut dalam penciptaan karya tugas akhir ini didasari dari tas serut yang bersifat serbaguna atau multifungsi, karena dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Tas serut dibandingkan dengan bentuk tas yang lain hanya terdiri dari body tas dan tali tas, sehingga memiliki risiko lebih kecil untuk rusak akibat pemakaian yang berat atau bergesekan dengan benda lain. Tas serut memiliki peran penting dalam kehidupan penulis karena telah mengiringi perjalanan hidup penulis di masa sekolah. Penulis menciptakan karya keramik untuk mengungkapkan perasaan melalui ide dasar tas serut. Dalam penciptaan sebuah karya penulis mengembangkan beberapa bentuk tas serut sesuai dengan gaya atau ekspresi masing-masing karya tanpa mengurangi keindahan. Penulis bereksperimen dengan berbagai bahan dan teknik keramik bakaran tinggi untuk menciptakan bentuk tas serut yang unik dan menarik. Metode penciptaan dalam pembuatan karya ini menggunakan pre-factum, practice-led research (Metode Perancangan/ Penciptaan Karya) menurut Hendriyana. Kerangka teori ini terbagi dalam empat tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap imajinasi, tahap pengembangan imajinasi, tahap pengerjaan, dan tahap evaluasi. Tujuan dari penciptaan ini adalah mewujudkan karya keramik yang bertema tas serut. Tugas Akhir penciptaan karya ini menggunakan Metode Pendekatan Estetika menurut Feldman yang mengacu pada unsur-unsur visual yang terkandung pada seni rupa. Unsur-unsur visual yang digunakan dalam penciptaan karya bentuk tas serut dalam karya keramik ini berkaitan dengan Teori Estetika yang digunakan, yaitu bentuk, warna, dan tekstur. Tugas Akhir Kriya ini penulis berhasil mewujudkan tujuh karya keramik yang terdiri dari beberapa judul, antara lain: Serupa Tapi Tak Sama, Jati Diri, Teka-Teki, Beban, Under Control, Terikat, dan Terjatuh. Ada beberapa teknik yang digunakan dalam penciptaan karya tugas akhir ini seperti Teknik Pinch (Pijit) dan Teknik Slip Casting (Cetak Tuang).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90211#KRIYA | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tas serut, Keramik | |||||||||
Subjects: | Kriya > Kriya Keramik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Keramik | |||||||||
Depositing User: | Ranum Awanda Melania | |||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2024 01:16 | |||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2024 01:17 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16111 |
Actions (login required)
View Item |