Implementasi Sila-Sila Pancasila Pada Pemebelajaran Kesenian Didong Gayo di Sanggar Renggali Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Yuanda, Firmansyah (2024) Implementasi Sila-Sila Pancasila Pada Pemebelajaran Kesenian Didong Gayo di Sanggar Renggali Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Yuanda Firmansyah_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Yuanda Firmansyah_2024_BAB 1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Yuanda Firmansyah_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Yuanda Firmansyah_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
Yuanda Firmansyah_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Kesadaran untuk menjalankan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari- hari perlu ditumbuhkembangkan. Implementasi atau penerapan sila-sila Pancasila dapat dilakukan melalui pembelajaran kesenian Didong Gayo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap sila-sila Pancasila yang terkandung dalam kesenian Didong Gayo. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua sanggar, pelatih, dan tokoh kesenian Didong Gayo. Objek penelitian ini adalah Implementasi sila-sila Pancasila pada pembelajaran Kesenian Didong Gayo di Sanggar Renggali Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Triangulasi sumber digunakan dalam penelitian ini untuk menguji kredibilitas data tentang kesenian Didong Gayo yang diperoleh dari narasumber yakni tokoh kesenian Didong Gayo, ketua sanggar, pelatih sanggar, dan anggota sanggar. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara terus menerus dengan tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sanggar Renggali Takengon telah menerapkan sila-sila Pancasila pada pembelajaran kesenian Didong Gayo. Sila-sila Pancasila meliputi Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sila-sila Pancasila terkandung dalam tata busana dan syair Didong Gayo yang berjudul Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yuanda, Firmansyahnim1910251017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDilla, Octavianingrumnidn0008109103
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Didong Gayo, Pancasila, Kesenian Aceh
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Yuanda Firmansyah
Date Deposited: 02 Feb 2024 00:54
Last Modified: 02 Feb 2024 00:54
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16178

Actions (login required)

View Item View Item