Pengaruh persepsi musikal drama Korea Penthouse terhadap minat mendengarkan lagu Queen of the night karya Wolfgang Amadeus Mozart

Gifka Yochanan, Eugenea (2024) Pengaruh persepsi musikal drama Korea Penthouse terhadap minat mendengarkan lagu Queen of the night karya Wolfgang Amadeus Mozart. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Eugenea GifkaYochanan_2024_FULL_TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Eugenea Gifka Yochanan_2024_BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
Eugenea Gifka Yochanan_2024_BAB_V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Eugenea Gifka Yochanan_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab lagu Queen of The Night karya Wolfgang Amadeus Mozart kembali mendunia melalui drama korea Penthouse. Penelitian ini didasari dari fenomena drama korea Penthouse berisikan lagu-lagu klasik terutama lagu Queen of The Night yang viral di dunia. Hal tersebut dapat mempengaruhi persepsi musikal drama Korea Penthouse terhadap minat mendengarkan lagu Queen of The Night. Dari latar belakang permasalahan tersebut, peneliti menggunakan teori persepsi oleh Robins, selera yang diuraikan oleh Piere Bourdieu dan teori Fandom diterangkan oleh Henry Jenkins melalui buku Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak N=224 dan melakukan Focus Group Disscussion pada 8 narasumber untuk memperoleh data penelitian. Hasil dari penelitian kuantitatif bahwa diperoleh nilai sebesar 69% berarti kedua variabel selera dan kelompok penggemar dinilai termasuk golongan kuat mempengaruhi minat, variabel selera dinilai sempurna berarti selera sangat mempengaruhi minat, sedangkan variabel fandom dinilai sedang berarti kelompok penggemar drama korea Penthouse menanggapi hal yang biasa dalam mendengarkan lagu Queen of The Night. Sementara hasil dari aspek kualitatif menunjukan bahwa selera lebih besar pengaruhnya terhadap minat bila dibandingkan dengan fandom.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Gifka Yochanan, Eugeneanim2121395412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjohan, Djohannidn0017126101
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENIS2
Uncontrolled Keywords: Penthouse, Queen of The Night, Persepsi musikal, Selera, Minat,Kelompok Penggemar
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Eugenea Gifka Yochanan
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:42
Last Modified: 05 Feb 2024 08:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16281

Actions (login required)

View Item View Item