Analisis Dimensi Psikologis Karakter Eun-Hee Melalui Aksi dan Reaksi Karakter dalam Konflik pada Film “House of Hummingbird”

Domi, Okada (2024) Analisis Dimensi Psikologis Karakter Eun-Hee Melalui Aksi dan Reaksi Karakter dalam Konflik pada Film “House of Hummingbird”. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
OKADA DOMI_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
OKADA DOMI_2023_BAB I.pdf

Download (982kB)
[img] Text
OKADA DOMI_2023_BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
OKADA DOMI_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Konflik dan karakter merupakan kedua aspek dalam unsur naratif pada film. Karakter sebagai penggerak cerita sedangkan konflik digunakan untuk mendorong cerita lebih lagi dan menguji tujuan karakter. Penelitian ini akan menganalisis film berjudul “House of Hummingbird” disutradarai oleh Kim Bo-Ra dan film ini menjadi objek penelitian karena memenangkan beberapa penghargaan seperti Best Directing, dan Best Film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi psikologis karakter Eun-Hee, dilihat dari aksi dan reaksi karakter Eun-Hee dalam konflik di film House of Hummingbird. Penelitian ini menganalisis karakter utama yaitu Eun-Hee dalam film House of Hummingbird bergenre Coming of Age Drama, menceritakan tentang kehidupan dari sudut pandang karakter remaja perempuan bernama Eun-Hee. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan teori dimensi psikologis Lajos Egri dan teori perkembangan psikososial Erik Erikson. Data yang dikaji adalah scene-scene yang memiliki konflik dan melihat aksi dan reaksi karakter Eun-hee dalam konflik. Hasil dari penelitian ini, beberapa aspek dimensi psikologis Eun-Hee tercerminkan, dan aspek seperti kemampuan dan I.Q. tidak dapat dicerminkan jika dilihat melalui aksi dan reaksi karakter Eun-Hee. Dalam analisis, karakter Eun-Hee mengalami tahap kebingungan peran yang ditinjau menggunakan teori psikososial Erikson dilihat dari bagaimana aksi dan reaksi karakter Eun-Hee dalam konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Domi, Okadanim1710184132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRatnaningdyah Setyowati, Lucianidn0016067005
ContributorDwi Nugroho, Agustinusnidn0027089005
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: konflik, karakter, psikologis, psikososial erikson, House of Hummingbird
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Okada Domi
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:14
Last Modified: 07 Feb 2024 04:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16393

Actions (login required)

View Item View Item