Jenis Biota Air Prioritas Konservasi Nasional Tahun 2020-2024 Dalam Karya Panel Batik Sebagai Sumber Ide Penciptaan Augmented Reality (AR)

Azizah Azmi, Nabilah (2024) Jenis Biota Air Prioritas Konservasi Nasional Tahun 2020-2024 Dalam Karya Panel Batik Sebagai Sumber Ide Penciptaan Augmented Reality (AR). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nabilah Azizah Azmi_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Nabilah Azizah Azmi_2024_BAB I.pdf

Download (712kB)
[img] Text
Nabilah Azizah Azmi_2024_PENUTUP.pdf

Download (256kB)
[img] Image
Nabilah Azizah Azmi_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Biota air dengan beraneka ragamnya sangat rentan dengan kepunahan yang diakibatkan oleh eksploitasi air atau pemanfaatan sumber daya air secara berlebihan. Diperlukan upaya pencegahan dan pelestarian biota air agar tetap terpeliharanya keanekaragaman hayati yang sangat banyak manfaatnya bagi manusia. Upaya pencegahan dan pelestarian biota air tersebut bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi semua pihak dalam menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan serta memelihara ketersediaan sumber daya alam untuk generasi selanjutnya. Metode pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan Estetika dari Dra. Artini kusmiati dan pendekatan Seni Informasi dari Stephen Wilson yang mengganbungkan antara seni, sains, dan teknologi. Metode penciptaan yang diterapkan penulis dalam menciptakan karya ini yaitu Practiced-led Research dari Husen Hedriyana dengan tiga tahapan, yaitu tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi. Perwujudan karya ini dibuat menggunakan teknik batik tulis dan teknik pewarnaan tutup celup dengan pewarna sintetis berupa napthol pada bahan utama kain katun satin. Hasil dari penciptaan tugas akhir ini, penulis menghasilkan lima karya panel batik dengan topik jenis-jenis biota air yang diprioritaskan dan dikonservasi oleh nasional periode tahun 2020-2024. Karya panel batik ini dikolaborasikan dengan teknologi berupa Augmented Reality (AR). Pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) dari hasil seni batik yaitu menghasilkan sebuah obyek seni yang bergerak dan lebih hidup dan menampilkan visual karya seni panel batik yang interaktif dan imersif, sekaligus menjadikan seni batik tetap berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kedinamisan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Azizah Azmi, Nabilahnim1912138022
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSukanadi, I Madenidn0018047703
ContributorArruman, Arrumannidn0020076404
Department: KODEPRODI90211#KRIYA
Uncontrolled Keywords: Biota Air, Konservasi, Seni Batik, Augmented Reality.
Subjects: Kriya > Kriya Tekstil
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil
Depositing User: Nabilah Azizah Azmi
Date Deposited: 08 Feb 2024 04:32
Last Modified: 08 Feb 2024 04:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16412

Actions (login required)

View Item View Item