Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Gaya Hidup Berkelanjutan di Kalangan Anak Kos

Ayu Widyasari Hanaya, Nyoman (2024) Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Gaya Hidup Berkelanjutan di Kalangan Anak Kos. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
NYOMAN AYU WIDYASARI HANAYA_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text
NYOMAN AYU WIDYASARI HANAYA_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
NYOMAN AYU WIDYASARI HANAYA_2024_BAB V.pdf

Download (527kB)
[img] Slideshow
NYOMAN AYU WIDYASARI HANAYA_2024_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
NYOMAN AYU WIDYASARI HANAYA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Perubahan iklim merupakan isu yang kompleks dan mendesak yang dipicu oleh peningkatan produksi limbah tanpa pertimbangan konsekuensi jangka panjang. Di lingkungan kos, masih banyak mahasiswa yang belum sepenuhnya bertanggung jawab atas konsumsinya, meskipun mereka memiliki pengetahuan akan masalah lingkungan dan pengetahuan akan praktik-praktik sederhana untuk mengurangi sampah. Oleh karena itu, diperlukan pembentukan media untuk mengatasi hal ini, khususnya melalui media kampanye komunikasi visual. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, dengan pendekatan teori 5W+1H yang kemudian juga dipadukan dengan model komunikasi periklanan AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa kos masih mengalami kendala dalam menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Temuan lainnya yakni adanya minat mahasiswa kos terhadap karakter fiksi dalam media hiburan, di mana karakter tersebut tidak hanya digemari tetapi juga memengaruhi nilai-nilai kehidupan mahasiswa kos. Ditemukan pula bahwa mahasiswa aktif mengonsumsi informasi dan hiburan dari media sosial seperti Instagram. Berdasarkan temuan tersebut, bentuk perancangan yang digagas adalah dengan membuat kampanye komunikasi visual melalui akun Instagram @klubtandatanya mengusung tagline “#Bertindakdengansadar”, menyoroti cerita karakter fiksi dengan ilustrasi bergaya kartun, cenderung seperti doodle. Karakter dan objek tidak direpresentasikan secara realistis, melainkan distilasi menjadi bentuk yang sederhana, terkadang terlihat terdistorsi. Pesan kampanye difokuskan pada peran karakter dalam memecahkan masalah, mengajak diskusi terbuka, dan menciptakan karakter yang mencerminkan sifat-sifat dari khalayak mahasiswa yang menjadi target kampanye. Karakter sebagai komunikator, tidak diposisikan sebagai seseorang yang serba tahu, melainkan bersama-sama mengajak khalayak dalam memahami masalah, melempar pertanyaan yang dapat direspon oleh khalayak sasaran. Gabungan ilustrasi, komik, dan artikel dalam format cerita karakter ini menghasilkan media visual dengan keunikan dan kebaruan yang efektif untuk menginspirasi dan membimbing mahasiswa kos menuju gaya hidup berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ayu Widyasari Hanaya, Nyomannim1912575024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBajraghosa, Terranidn0012048103
ContributorBangsa, P. Gogornidn0006017002
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: perubahan iklim, gaya hidup berkelanjutan, mahasiswa kos, kampanye, komunikasi visual, karakter fiksi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Nyoman Ayu Widyasari Hanaya
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:30
Last Modified: 12 Feb 2024 01:30
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16413

Actions (login required)

View Item View Item