Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kesenian Rinding Gumbeng Sanggar Rinding Gumbeng Ngluri Seni Desa Beji Kapanewon Ngawen Kabupaten Gunungkidul

Marsela, Alkadina (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kesenian Rinding Gumbeng Sanggar Rinding Gumbeng Ngluri Seni Desa Beji Kapanewon Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Alkadina Marsela_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Alkadina Marsela_2024_ BAB I.pdf

Download (963kB)
[img] Text
Alkadina Marsela_2024_ BAB PENUTUP.pdf

Download (705kB)
[img] Text
Alkadina Marsela_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kesenian rinding gumbeng merupakan suatu kesenian tradisional khas Gunungkidul yang berasal dari Dusun Duren, Desa Beji, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Kesenian ini menampilkan sebuah pertunjukan musik tradisional yang di dalamnya terdapat syair-syair dengan diiringi alat musik berbahan dasar bambu. Melalui kesenian tersebut dapat tersampaikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kesenian rinding gumbeng seperti pada penyajian kesenian, elemen musik, dan elemen tata rias busana. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kesenian rinding gumbeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian etnografi. Objek penelitian ini berfokus pada masalah yang diteliti yaitu nilai-nilai pendidikan karakter dalam kesenian rinding gumbeng. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Selanjutnya setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kesenian rinding gumbeng terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yaitu: 1. Cinta Tanah Air, 2. Religius, 3. Peduli Lingkungan, 4. Kreatif, dan 5. Rasa Ingin Tahu. Melalui penelitian ini, dapat terdeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kesenian rinding gumbeng, sehingga masyarakat dapat mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya dan diharapkan dapat meningkatkan moral untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Marsela, Alkadinanim1910252017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
ContributorIndrawati, Antonianidn0027016306
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, musik tradisional, kesenian rinding gumbeng
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Alkadina Marsela
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:24
Last Modified: 12 Feb 2024 01:24
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16441

Actions (login required)

View Item View Item