Indrawan, Roma (2024) Metode Tutor Sebaya Pada Tari Serampang Duabelas di Sanggar Sultan Syarif Qasim Riau Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
ROMA INDRAWAN_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
ROMA INDRAWAN_2024_BAB I.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
ROMA INDRAWAN_2024_BAB V.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
ROMA INDRAWAN_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
ROMA INDRAWAN_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
Abstract
Sanggar Sultan Syarif Qasim Riau Yogyakarta merupakan sanggar yang melibatkan sesama mahasiswa Riau dalam kegiatan sanggar, berbeda dengan sanggar pada umumnya ada pelatih dan peserta didik. Metode yang sering digunakan pada pembelajaran sanggar tersebut ialah metode tutor sebaya dengan mahasiswa yang menjadi tutor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Metode Tutor Sebaya pada Tari Serampang Duabelas di Sanggar Sultan Syarif Qasim Riau Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan objek penelitian Tari Serampang Duabelas di Sanggar Sultan Syarif Qasim Riau Yogyakarta dan metode Tutor Sabaya yang digunakan pada sanggar tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data yang diperoleh dari anggota sanggar, pengurus sanggar dan pengajar. Validasi data diperoleh melalui triangulasi sumber. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran tari Serampang Duabelas di Sanggar Sultan Syarif Qasim Yogyakarta berjalan dengan baik mulai dari pemilihan materi, penggunaan sarana dan prasarana, serta metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mudah menangkap materi yang diajarkan dan mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, dilihat dari proses pembelajaran penggunaan metode tutor sebaya merupakan salah satu metode pembelajaran yang paling menonjol digunakan pada saat proses pembelajaran tari Serampang Duabelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tari Serampang Duabelas, Sanggar Sultan Syarif Qasim, Tutor Sebaya | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Roma Indrawan | |||||||||
Date Deposited: | 26 May 2025 04:19 | |||||||||
Last Modified: | 26 May 2025 04:19 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |