Analisis Efek Visual dalam Membangun Realitas Aktual dan Realitas Virtual pada Film “Ready Player One” (2018)

Afis Ramadhan, Ainur (2023) Analisis Efek Visual dalam Membangun Realitas Aktual dan Realitas Virtual pada Film “Ready Player One” (2018). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
AINUR AFIS RAMADHAN_2023_FULL TEKS.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text
AINUR AFIS RAMADHAN_2023_BAB I.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
AINUR AFIS RAMADHAN_2023_BAB V.pdf

Download (889kB)
[img] Text
AINUR AFIS RAMADHAN_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
Official URL: https://isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan efek visual sebagai fondasi utama dalam membangun dan membedakan realitas aktual (Ohio Columbus) dan realitas virtual (Dunia Permainan Oasis) dalam film "Ready Player One". Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana efek visual, seperti Fix it Shot, Screen insert, Rig Removal & Periode Cleanup, Set extensions, Crowd simulation, Action Elements, dan Advanced VFX, memainkan peran kunci dalam membentuk kedua realitas tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan observasi non-partisipan terhadap seluruh adegan film untuk mengidentifikasi dan menganalisis penggunaan efek visual dalam membedakan realitas aktual dan virtual. Dengan pendekatan dokumentasi, elemen efek visual yang digunakan dalam membangun setiap realitas dalam film direkam dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek visual memainkan peran krusial dalam menciptakan perbedaan yang signifikan antara realitas aktual dan realitas virtual. Realitas aktual, yang digambarkan sebagai dunia distopia yang kumuh dan penuh polusi, diwujudkan melalui penggunaan efek Visible Effect & Invisble Effect. Sementara itu, realitas virtual dalam dunia Oasis menawarkan lingkungan yang beragam dan menarik, dengan fokus pada Desain Grafis, pembentukan karakter, tekstur, pencahayaan, dan animasi. Temuan penelitian ini menekankan bahwa efek visual bukan hanya tambahan visual semata, melainkan merupakan alat utama dalam membentuk, memperkuat, dan mendukung naratif film. Melalui penggunaan efek visual yang tepat, film mampu memberikan kontras yang jelas antara kedua realitas tersebut, menciptakan pengalaman visual yang memukau, serta mendukung penceritaan yang kuat. Efek visual bukan hanya elemen tambahan, tetapi juga merupakan fondasi yang esensial dalam menggambarkan kedua realitas secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Afis Ramadhan, Ainurnim1710842032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRakhmad Hidayat, Nanangnidn0010056608
ContributorDwi N, Agustinusnidn027089005
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: Efek Visual, Realitas Aktual, Realitas Virtual, Ready Player One
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Ainur Afis Ramadhan
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:05
Last Modified: 02 Apr 2024 03:05
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16641

Actions (login required)

View Item View Item