Afis Ramadhan, Ainur (2023) Analisis Efek Visual dalam Membangun Realitas Aktual dan Realitas Virtual pada Film “Ready Player One” (2018). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
AINUR AFIS RAMADHAN_2023_FULL TEKS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
|
Text
AINUR AFIS RAMADHAN_2023_BAB I.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
AINUR AFIS RAMADHAN_2023_BAB V.pdf Download (889kB) |
|
Text
AINUR AFIS RAMADHAN_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan efek visual sebagai fondasi utama dalam membangun dan membedakan realitas aktual (Ohio Columbus) dan realitas virtual (Dunia Permainan Oasis) dalam film "Ready Player One". Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana efek visual, seperti Fix it Shot, Screen insert, Rig Removal & Periode Cleanup, Set extensions, Crowd simulation, Action Elements, dan Advanced VFX, memainkan peran kunci dalam membentuk kedua realitas tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan observasi non-partisipan terhadap seluruh adegan film untuk mengidentifikasi dan menganalisis penggunaan efek visual dalam membedakan realitas aktual dan virtual. Dengan pendekatan dokumentasi, elemen efek visual yang digunakan dalam membangun setiap realitas dalam film direkam dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek visual memainkan peran krusial dalam menciptakan perbedaan yang signifikan antara realitas aktual dan realitas virtual. Realitas aktual, yang digambarkan sebagai dunia distopia yang kumuh dan penuh polusi, diwujudkan melalui penggunaan efek Visible Effect & Invisble Effect. Sementara itu, realitas virtual dalam dunia Oasis menawarkan lingkungan yang beragam dan menarik, dengan fokus pada Desain Grafis, pembentukan karakter, tekstur, pencahayaan, dan animasi. Temuan penelitian ini menekankan bahwa efek visual bukan hanya tambahan visual semata, melainkan merupakan alat utama dalam membentuk, memperkuat, dan mendukung naratif film. Melalui penggunaan efek visual yang tepat, film mampu memberikan kontras yang jelas antara kedua realitas tersebut, menciptakan pengalaman visual yang memukau, serta mendukung penceritaan yang kuat. Efek visual bukan hanya elemen tambahan, tetapi juga merupakan fondasi yang esensial dalam menggambarkan kedua realitas secara keseluruhan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efek Visual, Realitas Aktual, Realitas Virtual, Ready Player One | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | Ainur Afis Ramadhan | |||||||||
Date Deposited: | 02 Apr 2024 03:05 | |||||||||
Last Modified: | 02 Apr 2024 03:05 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16641 |
Actions (login required)
View Item |