Penerapan Improvisasi Alto Saxophone Dengan Pendekatan Beberapa Modus Dalam Akor Statis Pada Lagu Caravan Ciptaan Duke Ellington

Barus, Timothy (2024) Penerapan Improvisasi Alto Saxophone Dengan Pendekatan Beberapa Modus Dalam Akor Statis Pada Lagu Caravan Ciptaan Duke Ellington. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BOYKE YUDO TIMOTHY_2024_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BOYKE YUDO TIMOTHY_2024_BAB V Kesimpulan.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BOYKE YUDO TIMOTHY_2024_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2024-04-05 at 10.17.10.jpeg

Download (127kB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1G06orBoM1xQwpD_tM...

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan improvisasi alto saxophone dengan pendekatan beberapa modus dalam akor statis pada lagu Caravan ciptaan Duke Ellington. Penelitian ini sebagai salah satu jawaban atas berbagai masalah yang sering muncul saat melakukan improvisasi di skor statis seperti kurangnya kalimat improvisasi Ketika di akor statis yaitu improvisasi yang menggunakan konsep modus atau tangga nada diatonik dengan nada dasar yang berbeda. Dalam jazz, sering ditemukan penggunaan teknik akor statis di mana satu akor dimainkan dalam beberapa birama tanpa ada perubahan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemain jazz untuk melakukan improvisasi yang variatif dan menarik. Salah satu solusi yang dinilai efektif adalah dengan menerapkan pendekatan berbagai modus dalam akor statis yang sama. Tujuan penelitian ini adalah dapat menyelesaikan permasalahan kekurangan kalimat dalam improvisasi pada lagu Caravan karya Duke Ellington yang menggunakan akor statis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data seperti buku, jurnal dan dikografi. Pada buku dan jurnal menganalisis teori modus dan akor statis, pada diskografi meniru kalimat dan mengambil motif improvisasi dari pemain yang di idolakan. Setelah meneliti data dilanjutkan dengan eksplorasi seperti mengaplikasikan setiap modus di akor statis. Dari analisis yang didapat dari data-data diperoleh dari video improvisasi alto saxophone pada lagu Caravan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam improvisasi alto saxophone pada lagu Caravan digunakan modus-modus ionian, phrygian, dorian, mixolydian, aeolian dan locrian dalam akor statis A7(b9).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Barus, Timothynim19002240134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSanjaya, Singgihnidn0007096209
ContributorCahyoraharjo, Mulyadinidn0021016907
Department: KODEPRODI91321#PENYAJIAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: improvisasi, akor statis, alto saxophone, modus, musik jazz
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Boyke Yudo Timothy
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:56
Last Modified: 05 Apr 2024 04:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16648

Actions (login required)

View Item View Item