Rizky Ramadhan, Katon (2024) Penerapan Media Animasi dalam Pembelajaran Notasi Balok untuk Kelas 5 Sd Negeri 1 Sewon Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni indonesia Yogyakarta.
Text
Katon Rizky Ramadhan_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
Katon Rizky Ramadhan_2024_BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
Katon Rizky Ramadhan_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (204kB) |
|
Text
Katon Rizky Ramadhan_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
Abstract
Di SD Negeri 1 Sewon Bantul, pemahaman siswa mengenai notasi balok sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan siswa sekolah dasar dalam memainkan musik menggunakan notasi balok dengan media animasi sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Sewon Bantul menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumentasi hasil belajar.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan notasi balok dan media animasi, siswa berhasil memahami dan memainkan lagu-lagu yang sebelumnya tidak mereka kenal. Dengan demikian, pembelajaran notasi balok dengan media animasi terbukti membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca notasi balok siswa. Media animasi tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap notasi balok tetapi juga meningkatkan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI187121#PENDIDIKAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi Pembelajaran, Notasi Balok, Media Animasi | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Katon Rizky Ramadhan | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:54 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:54 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16908 |
Actions (login required)
View Item |