Perancangan Motion Graphic Tentang Teknik Bernafas yang Efektif untuk Mengurangi Stres pada Mahasiswa

Rahmatallah, Lalu M. Arju (2024) Perancangan Motion Graphic Tentang Teknik Bernafas yang Efektif untuk Mengurangi Stres pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Lalu M. Arju Rahmatallah_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Lalu M. Arju Rahmatallah_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lalu M. Arju Rahmatallah_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (888kB)
[img] Text
Lalu M. Arju Rahmatallah_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
Lalu M. Arju Rahmatallah_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGFAgZSgcMA8=&rs=AOn4CLAYuSg-hQXGEwpVcDUlE55HmvxxYg
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGFEgVShlMA8=&rs=AOn4CLArNlooXWjAigbX5pOvpYq00NS_rw
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Stres merupakan masalah serius yang dihadapi oleh mahasiswa di Indonesia, sekitar 55% penduduk mengalami stres dan prevalensi stres pada mahasiswa berkisar antara 36,7% hingga 71,6%. Mahasiswa, terutama yang berusia antara 17 hingga 29 tahun, mengalami berbagai jenis stres yang berasal dari interaksi sosial, masalah internal, tekanan akademik, dan faktor lingkungan. Khususnya saat mereka sedang menyelesaikan skripsi, mahasiswa sering mengalami stres akademik yang memiliki dampak negatif pada kesejahteraan fisik dan mental mereka. Meskipun stres dapat memiliki dampak positif seperti meningkatkan kreativitas dan perkembangan diri, beban stres yang berat dapat menyebabkan masalah kesehatan, penurunan prestasi akademik, perilaku negatif, dan bahkan meningkatkan risiko bunuh diri. Oleh karena itu, penelitian ini mengeksplorasi penggunaan motion graphic sebagai alat pembelajaran efektif untuk mengajarkan teknik bernafas kepada mahasiswa sebagai upaya mengurangi tingkat stres yang mereka alami. Motion graphic dipilih sebagai media karena sebagai media audio visual motion graphic mampu memberikan informasi yang tak hanya singkat dan padat pada para mahasiswa namun juga menyenangkan sebagai salah satu upaya meningkatkan minat masyarakat pada teknik bernafas. Perancangan ini dibuat dengan dengan dasar metode perancangan 12 prinsip perancangan multimedia menurut Richard Mayer (2007) sebagai upaya edukasi untuk mahasiswa tentang cara mengurangi tingkat stres dengan teknik bernafas. Hasil dari perancangan ini adalah motion graphic yang menjelaskan tentang teknik bernafas dalam upaya mengurangi tingkat stres pada mahasiswa termasuk penyebab stres, kategori stres dan dampak stres bagi mahasiswa itu sendiri. Semua ini bertujuan untuk membantu mengidentifikasi dan mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kesimpulan dari perancangan bahwa motion graphic mampu menjadi salah satu media edukasi pembelajaran yang tak hanya memberikan informasi namun juga dapat menarik minat mahasiswa untuk mempelajari teknik bernafas untuk mengurangi tingkat stres.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rahmatallah, Lalu M. Arjunim1710253124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRochman, Mochamad Faizalnidn0025118007
ContributorHaryanto, Andinidn0025118007
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Stres, Mahasiswa, Teknik Bernafas, Motion graphic, Media Edukasi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Lalu M. Arju Rahmatallah
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:23
Last Modified: 31 Jul 2024 08:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item