Emmanuel Citra Kristiyadi, Alejandro (2024) Implementasi Teknik Rigify sebagai Upaya Efisiensi Proses Produksi Serial Animasi 3d Agung dan Teman-Teman : Episode Teman Baru. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
1. Emmanuel Alejandro Citra Kristiyadi_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
2. Emmanuel Alejandro Citra Kristiyadi_2024_BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Emmanuel Alejandro Citra Kristiyadi_2024_PENUTUP.pdf Download (248kB) |
|
Text
4. Emmanuel Alejandro Citra Kristiyadi_2024_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
Abstract
Pada zaman ini cukup jaran anak-anak yang bermain permainan tradisional karena teknologi saat ini yang serba praktis serta sosial media yang membuat anak-anak mudah untuk tenggelam dalam algoritma, hal tersebut tidak baik bagi anak kecil. Jadi dengan serial Agung dan Teman-teman Episode “Teman Baru” menjadi media untuk memperkenalkan permainan tradisional agar permainan tradisional dapat dilestarikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan seberapa efisien penggunakan rigify dalam proses produksi serial animasi 3D Agung dan Teman-teman: Episode Teman Baru pada tahap riging. teknik ini dipilih selain karena gratis tapi juga memiliki fitur meta-rig dimana bone atau rig sudah disiapkan, dari manusia sampai hewan, jadi hanya perlu menyesuaikan ukuran serta bentuk rig pada objek 3D karakter, lalu generate rig dan parent automatic weight paint kemudian edit weight paint hingga sesuai. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model MDLC, model ini dapat mengimplementasikan penggunaan rigify dari pertahapannya, sehingga memiliki data proses pembuatan rigify tersebut. Hasil Penelitian menunjukan implementasi teknik rigify dapat menjadi upaya efisiensi dalam proses produksi animasi 3D, dan hasil perbandingan rigify dengan auto rig pro dapat dibilang rigify masih cukup unggul dari segi tahapan dan fiturnya yang simpel dari pada auto rig pro yang cukup. Jadi dapat disimpulkan rigify memang dapat menjadi upaya efisiensi dalam produksi animasi karena memiliki rig yang sudah disiapkan tanpa menyusunnya satu-persatu namun rigify juga memerlukan ketelitian saat menyesuaikan ukuran dan bentuk bone pada karakter agar tidak error saat generate rig, serta perlu memberikan shape key jika gerakan masih kurang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90345#ANIMASI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Rigging, Rigify, Weight painting, Parent automatic weight paint, Shape key, Animasi, Efisiensi | |||||||||
Subjects: | Televisi > Animasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3/D4 Animasi | |||||||||
Depositing User: | Emmanuel Alejandro Citra Kristiyadi | |||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 01:14 | |||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 01:14 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16973 |
Actions (login required)
View Item |