Estetika Fotografi Fashion: Gaya Androgini Karya Saeffie Adjie Badas pada Majalah Harper’s Bazaar Indonesia Edisi 2019-2023

Kusuma Dewi, Erna (2024) Estetika Fotografi Fashion: Gaya Androgini Karya Saeffie Adjie Badas pada Majalah Harper’s Bazaar Indonesia Edisi 2019-2023. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
ERNA_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
ERNA_2024_BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ERNA_2024_BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ERNA KUSUMA DEWI_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Fashion androgini adalah salah satu mode yang menjadi salah satu bentuk representasi pembebasan diri dari perbedaan gender yang ada. Androgini adalah istilah yang merujuk pada karakteristik atau penampilan yang menunjukkan pembagian peran yang seimbang antara karakter feminin dan maskulin dalam satu individu. Ekspresi androgini menunjukkan bahwa gender seseorang tidak terbatas pada suatu jenis kelamin. Hal tersebut dalam dunia fashion disebut sebagai konsep "Genderless Fashion" yaitu bentuk ekspresi personal dari individu yang ingin melepaskan diri dari tekanan sosial yang mengharuskan mereka mengenakan pakaian yang menggambarkan gender normatif yang ada. Tujuan penelitian adalah untuk memahami estetika fotografi fashion pada gaya fashion androgini yang ditampilkan oleh fotografer Saeffie Adjie Badas dalam majalah Harper’s Bazaar Indonesia. Fotografer fashion menampilkan model dengan detail pakaian dan aksesori yang menarik, tujuannya untuk menginspirasi dan mempengaruhi gaya berbusana dalam dunia mode. Fotografer fashion memadukan seni, mode, dan fotografi dengan pendekatan estetika untuk menciptakan hasil akhir visual yang kuat Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan estetika visual yang memiliki peranan penting dalam fotografi. Analisa menggunakan metode kualitatif deskriptif berupaya untuk mendeskripsikan gejala-gejala, fakta, dan kejadian-kejadian yang sedang terjadi. Metode ini dipilih untuk menganalisis peristiwa, fenomena, dan situasi sosial. Observasi dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara sehingga dapat memahami dan menjelaskan terkait gaya fashion androgini. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa karya fotografi Saeffie Adjie Badas yang mengusung konsep fashion androgini yang terbit pada majalah Harper’s Bazaar Indonesia mampu menunjukkan kreativitasnya sebagai fotografer dengan tetap menjaga kaidah-kaidah estetika fotografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kusuma Dewi, Ernanim1810941031
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorArsita, Adyanidn0002057808
ContributorSyaifudin, Syaifudinnidn0029056706
Department: KODEPRODI91271#FOTOGRAFI
Uncontrolled Keywords: genderless fashion, fashion editorial, estetika, androgini, gender
Subjects: Fotografi
Fotografi > fotografi komersial
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: ERNA KUSUMA DEWI
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:10
Last Modified: 30 Jul 2024 07:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item View Item