Nurulita, Gusti Rien (2024) Visualisasi Politeisme Mitologi Yunani Kuno dalam Gim Video Final Fantasy XIV. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
GUSTI RIEN NURULITA_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
GUSTI RIEN NURULITA_2024_BAB I.pdf Download (378kB) |
|
Text
GUSTI RIEN NURULITA_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (317kB) |
|
Text
GUSTI RIEN NURULITA_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
Abstract
Final Fantasy XIV adalah judul ke-14 dari waralaba gim video Final Fantasy. Gim tersebut menceritakan kisah karakter Warrior of light yang dimainkan oleh pemain dan memiliki kekuatan untuk melawan Dewa-Dewi yang terinspirasi dari makhluk mitologis dari berbagai mitologi di dunia. Final Fantasy XIV menerapkan banyak mitologi yang berbeda dalam ceritanya, seperti makhluk mitos dari budaya Hindu, Islam, Yunani Kuno, Nordik, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kebebasan kreatif dan keputusan yang dibuat dalam memvisualisasikan Yunani Kuno dalam Final Fantasy XIV, khususnya pada karakter Themis, Hades, dan Hephaistos, yang merupakan tiga antagonis relevan dalam game setidaknya sampai ekspansi cerita ke-4 Final Fantasy XIV yang berjudul endwalker. Kemudian, penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan bahwa gim video dapat menjadi bentuk ekspresi seni. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisa desain boss karakter dan metode kuantitatif sederhana untuk membuktikan pentingnya simbol pada karakter dari perspektif pemain. Simbol-simbol yang dapat ditemukan pada cerita mitologi Yunani Kuno juga ditemukan pada desain dan latar belakang karakter, seperti penutup mata pada Themis dan tugasnya sebagai hakim, hubungan Hades dengan dunia kematian, serta hubungan Hephaistos dengan karakter bernama Athena dan Ericthonios. Walaupun demikian, terdapat beberapa simbol yang diubah agar dapat diterapkan ke dalam cerita Final Fantasy XIV, menunjukkan kebebasan kreatif dari tim pengembang gim terhadap mitologi Yunani Kuno. Walaupun adanya perubahan, penelitian ini menunjukkan bahwa karakter-karakter tersebut tetap dapat dikenali sebagai tokoh yang terinspirasi dari mitologi Yunani Kuno dilihat dari pandangan seni ataupun dari pandangan pemain. Kata kunci: Final Fantasy, gim video, mitologi Yunani, semiotika, simbol
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI002005#SENIMURNI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Final Fantasy, gim video, mitologi Yunani, semiotika, simbol | |||||||||
Subjects: | Seni Murni > Seni Grafis | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Grafis | |||||||||
Depositing User: | Gusti Rien Nurulita | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 05:01 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:01 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17017 |
Actions (login required)
View Item |