Rahmadhani HRP, Anisa (2024) Strategi Promosi Srisasanti Gallery dalam Pameran Addy Debil "Feeling Fluorescent" yang diinisiasi bersama dengan Museum of Toys di Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
ANISA RAHMADHANI HRP_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
|
Text
ANISA RAHMADHANI HRP_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
ANISA RAHMADHANI HRP_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (6MB) |
|
Text
ANISA RAHMADHANI HRP_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh era digitalisasi memperluas penyebaran informasi seni melalui platform media sosial seperti Tiktok dan Instagram. Hal tersebut memungkinkan promosi pameran seni secara lebih efektif dan luas. Oleh karena itu, Srisasanti Gallery mengadopsi berbagai strategi promosi, termasuk kolaborasi dengan institusi lain seperti Museum of Toys, untuk meningkatkan antusiasme pengunjung terhadap pameran seni, contohnya adalah Pameran Addy Debil "Feeling Fluorescent" ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui metode observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Srisasanti Gallery melakukan tahapan strategi promosi (Mahmud Machfoedz, 2010: 3-16) dengan membagi target audiens, mengirim undangan, membuat daftar content creator, placement media, penyebaran poster pameran, merancang konten dan merencanakan timeline promosi. Selain itu, bauran promosi (Hamdani, 2006 dalam Sunyoto, 2015: 160-161) lainnya seperti periklanan, penjualan perseorangan (personal selling), hubungan masyarakat (public relation), informasi dari mulut ke mulut (word of mouth), dan pemasaran langsung (direct marketing) juga digunakan secara efektif oleh Srisasanti Gallery. Keterlibatan para content creator dalam menyebarluaskan informasi tentang pameran ini di media sosial Tiktok dan Instagram juga memberikan dampak yang signifikan dalam menarik banyak pengunjung. Strategi promosi yang dikembangkan oleh Srisasanti Gallery tidak hanya berhasil membuat pameran ini viral di media sosial, tetapi juga memberikan hasil positif dalam jumlah pengunjung yang mencapai 6000 selama sebulan lebih berlangsungnya pameran. Kesuksesan ini menjadi bukti efektivitas strategi promosi yang diterapkan oleh galeri ini, yang kemungkinan akan menjadi model untuk promosi acara-acara seni budaya yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90302#TATA KELOLA SENI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Promosi, Bauran Promosi, Pameran, Galeri | |||||||||
Subjects: | Tata kelola seni | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni | |||||||||
Depositing User: | Anisa Rahmadhani HRP | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:52 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 08:53 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17078 |
Actions (login required)
View Item |