Irawati, Eli and Nugraha Wijayanto, Ary (2023) Perancangan Ppt Game Instrumen Musik Tradisional Sebagai Strategi Transmisi Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Aba Dongkelan Yogyakarta. ISI Yogyakarta, ISI Yogyakarta.
Text
Eli Irawati_2022_FullText.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I_Eli Irawati2023.pdf Download (491kB) |
|
Text
BAB VII_Eli Irawati2023.pdf Download (268kB) |
Abstract
Perspektif etnomusikologi dalam bidang pendidikan seharusnya mampu memposisikan dirisebagai pioner transmisi knowledge pada setiap tataran ilmu pengetahuan, karena obyek material dalam bidang etnomusikologi merupakan pengejawantahan lokal wisdom yang subtansi nilai gunanya dapat digunakan dalam pengembangan materi-materi pendidikan karakter, salah satunya di pendidikan anak usia dini tetapi saat ini studi lapangan menunjukan bahwa ketersediaan sumber belajar seperti pengenalan instrumen musik nusantara masih jarang ditemukan padahal muatan nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran sesuai perkembangan peserta didik. Indikator yang menjadi pembelajaran anak usia dini, salah satunya adalah mengenal huruf melalui teknologi sederhana, membuat anak bermain sambil belajar belum dapat terlaksana sehingga fokus penelitian adalah pengembangan game berbasis PPT dalam mengenalkan anak mengenai huruf melalui nama-nama instrumen musik nusantara. Etnografi studi kasus menjadi pilihan dalam penelitian untuk menganalisis permasalahan keterbatasan sumber belajar anak usia dini mengenai instumen musik nusantara yang menginternalisasi lokal wisdom sehingga teknik pengumpulan data mempergunakan studi lapangan dan wawancara. Analisis data mempergunakan teknik SWOT sehingga nantinya memperoleh solusi untuk mengatasi keterbatasan sumber belajar dan mengontruksi media pembelajaran berbasis PPT. Hasil uji coba tahap pertama memperoleh hasil yang baik dimana 70,58% peserta didik menunjukan ketertarikan mencoba prototype Game PPT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keterbatasan sumber belajar mengenai instrumen etnis Nusantara di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini dan mendeskripsikan solusi dalam sebuah prototype sederhana yang bisa diakses oleh peserta didik, dan di pelajari oleh pendidik. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan applied ethnomusicology. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan ditunjang dengan pendokumentasian dan FGD. Luaran yang ditargetkan berupa KI terdaftar di Kemnenhumkan yaitu produk purwarupa PPT Game Instrumen Musik Tradisional, artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal terakreditasi Sinta 2. TKT penelitian ini berada pada level 6 yaitu Demonstrasi model atau prototipe sistem/subsistem dalam suatu lingkungan yang relevan.
Item Type: | Other | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | transmisi, instrumen musik tradisional, perancangan PPT Game, anak usia dini, TK ABA Dongkelan Yogyakarta | ||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:46 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:46 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17151 |
Actions (login required)
View Item |