Analisis Komunikasi Visual tentang Representasi Solidaritas Palestina yang Dilakukan oleh Brand Djournal Coffee dan Bakmi Sedjuk

Fikri Zain, Ahmad (2024) Analisis Komunikasi Visual tentang Representasi Solidaritas Palestina yang Dilakukan oleh Brand Djournal Coffee dan Bakmi Sedjuk. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ahmad Fikri Zain_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Ahmad Fikri Zain_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Ahmad Fikri Zain_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text
Ahmad Fikri Zain_2024_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ahmad Fikri Zain_2024_BAB V Penutup.pdf

Download (826kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis Komunikasi Visual Tentang Representasi Solidaritas Palestina yang Dilakukan oleh Merek Djournal Coffee dan Bakmi Sedjuk." Penelitian ini bertujuan memahami bagaimana komunikasi visual dalam kampanye yang dilakukan oleh dua merek tersebut menyampaikan pesan solidaritas Palestina. Latar belakang penelitian ini adalah strategi komunikasi visual Djournal Coffee yang memicu pro dan kontra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis dan analisis konten semiotika. Teknik analisis data melibatkan identifikasi tanda-tanda denotatif dan konotatif serta penerapan lima kode naratif Roland Barthes. Landasan teori yang digunakan mencakup teori analisis wacana kritis dari Norman Fairclough, teori semiotika dari Roland Barthes dan teori representasi dari Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan Hasilnya menunjukkan bahwa elemen visual dalam kampanye “#GerakanSemangka” oleh Djournal Coffee dan “Sedjuk for Palestine” oleh Bakmi Sedjuk berhasil menyampaikan pesan solidaritas terhadap Palestina. Djournal Coffee menggunakan simbol semangka menarik perhatian audiens melalui media sosial dengan partisipasi aktif, menghasilkan engagement tinggi. Sedjuk for Palestine mengombinasikan bendera Palestina dan Indonesia, menyampaikan pesan melalui elemen visual dan verbal, namun menghadapi tantangan shadowban. Kampanye Djournal lebih efektif dalam menjangkau audiens dan meningkatkan partisipasi, sementara Sedjuk lebih menekankan pada ikatan nasional dan solidaritas internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Fikri Zain, Ahmadnim1712454024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorFaizal Rochman, Mochamadnidn0021027802
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
Department: KODEPRODI90421#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: komunikasi visual, representasi, solidaritas, Palestina, semiotika, analisis wacana kritis, kampanye sosial.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ahmad Fikri Zain
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:21
Last Modified: 05 Aug 2024 01:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17553

Actions (login required)

View Item View Item