Pengaruh Konflik Terhadap Perubahan Komponen Karakter Tokoh Utama sebagai Representasi Penyintas Kekerasan Seksual dalam Film "Penyalin Cahaya"

Listiani, Nur (2024) Pengaruh Konflik Terhadap Perubahan Komponen Karakter Tokoh Utama sebagai Representasi Penyintas Kekerasan Seksual dalam Film "Penyalin Cahaya". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nur Listiani_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy
[img] Text
Nur Listiani_2024_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Listiani_2024_BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Nur Listiani_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Film Penyalin Cahaya bercerita tentang seorang mahasiswi yang kehilangan beasiswanya karena foto – foto mabuk di pesta perayaan tersebar di media sosial. Keinginan untuk menguak fakta diiringi dengan lika-liku konflik yang terus bermunculan. Penelitian yang berjudul Pengaruh Konflik Terhadap Perubahan Komponen Karakter Tokoh Utama Sebagai Representasi Penyintas Kekerasan Seksual Dalam Film “Penyalin Cahaya” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konflik dapat mempengaruhi karakter tokoh utama pada film ini. Penelitian ini menggunakan teori Kubler Roos tentang lima tahapan kehilangan dan teori tentang perubahan karakter oleh Lajos Egri untuk menganalisa data secara lebih detail. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan fokus pada perubahan komponen karakter tokoh utama. Dilihat dari aspek konflik, apakah mampu membuktikan adanya perubahan komponen karakter yang terjadi pada tokoh utama atau tidak sama sekali. Lalu, perubahan komponen tersebut dielaborasikan dengan aspek tahapan kehilangan untuk menunjukkan perubahan komponen terdapat dalam aspek tahapan yang mana. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa konflik mempengaruhi perubahan komponen karakter tokoh utama dan dapat merepresentasikan tahapan – tahapan yang akan dilalui oleh seorang penyintas kekerasan seksual sampai mampu kembali menerima dirinya sendiri dan menjalani kehidupannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Listiani, Nurnim2011068032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMustikawati, Retnonidn0011107704
ContributorKustanto, Liliknidn0013037405
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Penyalin Cahaya, tokoh utama, perubahan karakter, penyintas
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Nur Listiani
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:55
Last Modified: 07 Aug 2024 00:55
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17627

Actions (login required)

View Item View Item