Gerakan Sosial Masyarakat dalam Pelestarian Budaya Literasi Lontar Bali

Dona Hapsari, Prima and Puspita Divanovena, Gracia (2023) Gerakan Sosial Masyarakat dalam Pelestarian Budaya Literasi Lontar Bali. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Prima Dona Hapsari_2023_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Prima Dona Hapsari_2023_Bab I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Prima Dona Hapsari_2023_Bab VI.pdf

Download (85kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Masyarakat Bali yang memiliki tradisi literasi khususnya pada naskah lontar sebagai bagian dari kegiatan keagaaman mengalami kelunturan saat ini. Hal tersebut adalah bagian dari perkembangan industri pariwisata global yang telah menimbulkan kekhawatiran orang Bali akan terancamnya ketahanan identitas kultural, ekonomi, dan ekologi mereka. Lontar Bali merupakan bagian dari kebudayan dan merupakan manuskrip yang mengandung sejarah, ilmu pengetahuan, moral, tuntunan adat-istiadat, khususnya di Bali, dan catatan-catatan perilaku manusia sebagai anggota masyarakat yang berbudaya. Lebih jauh, lontar Bali memiliki nilai spiritual karen mengandung nilai-nilai ajaran agama, atau tutur-tutur bersifat rahasia (ajawera), dan nilai-nilai sosial yang belum diimplementasikan sehingga isi lontar itu tidak dapat diketahui oleh masyarakat luas dengan kata lain hanya bisa diketahui oleh orang-orang tertentu saja. Revitalisasi budaya yang dilakukan dalam masyarakat Bali merupakan cerminan identitas yang kuat untuk memulihkan kembali erosi tergerusnya tradisi lama yang harus makin diperkuat. Sebagai upaya untuk memperkuat budaya lokal, gerakan sosial literasi lontar ini dimaknai sebagai langkah tepat untuk suatu tindakan revitalisasi budaya. Maka penelitian ini akan membahas permasalahan terkait (1) alasan munculnya gerakan sosial literasi lontar Bali, dan (2) bagaimana gerakan sosial literasi lontar Bali memiliki implikasi pada keyakinan masyarakat Bali terhadap kehidupan yang baik dan ideal. Penelitian ini akan menawarkan solusi bagi permasalahan dengan mendapatkan informasi dan pengetahuan terhadap fenomena gerakan sosial literasi lontar Bali yang muncul di masyarakat Bali, dan mencari informasi dan pengetahuan tentang bagaimana gerakan sosial literasi lontar Bali memiliki implikasi pada keyakinan masyarakat Bali terhadap kehidupan yang baik dan ideal. Penelitian ini penting dilakukan untuk (1) memberikan pengetahuan dan pemahaman akan peran sejarah dan keberadaan naskah lontar tersebut bagi kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Hindu Bali sebagai pandangan hidup, (2 membawa gerakan sosial literasi lontar Bali ini mendapatkan tempat di masyarakat tanpa meninggalkan hal penting yaitu kekuatan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam isi naskah lontar Bali, dan (3) lontar yang ada di masyarakat sudah dialihbahasakan akan memudahkan mereka lebih jauh melakukan kajian mendalam terhadap lontar Bali sehingga gaungnya ke dunia internasional semakin keras dan membawa implikasi yang berkelanjutan bagi masyarakat Bali. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Ada dua teknik dalam penelitian ini yang akan dilakukan, yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Penyajian data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan FGD (Forum Group Discussion). Terdapat tiga metode dalam teknik pengumpulan data untuk menjawab permasalahan penelitian, yaitu observasi,wawancara mendalam, dan dokumentasi.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dona Hapsari, Primanidn0008127704
Puspita Divanovena, Gracianim21102860131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorCau Arsana, I Nyomannidn 0007117104
Uncontrolled Keywords: gerakan sosial; pelestarian budaya; lontar Bali; program literasi
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:09
Last Modified: 08 Aug 2024 08:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17658

Actions (login required)

View Item View Item