Midi Sebagai Media Pembelajaran Angklung Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Di Sanggar Seni Kujang Yogyakarta

Alpasha, Farid (2024) Midi Sebagai Media Pembelajaran Angklung Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Di Sanggar Seni Kujang Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Farid Alpasha_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Farid Alpasha_2024_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Farid Alpasha_2024_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Farid Alpasha_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
lembar penyataan.pdf

Download (148kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran angklung di Sanggar Seni Kujang menggunakan media pembelajaran berbasis MIDI (Music Instrument Digital Interface) dan mengetahui bagaimana hasil pembelajaran menggunakan midi dapat membantu dalam penyampaian materi proses belajar angklung bagi anggota baru Sanggar Seni Kujang Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana peneliti terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran angklung menggunakan midi. Pada penelitian ini mengambil fokus purposive sampling dengan sampel 12 anggota baru sanggar seni kujang berusia 18-20 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam penggunaan midi sebagai media pembelajaran diterapkan dengan menggunakan metode penugasan, metode drill dan metode imitasi. Materi yang diajarkan meliputi cara memainkan angklung dengan baik pada teknik kleter (Legato) dan cacah (Stakato), membaca notasi balok, dan penggunaan midi pada Digital Audio Workstation (DAW) Studio One sebagai media pembelajaran. Hasil pembelajaran menunjukan bahwa kemampuan anggota baru sanggar seni kujang mengalami progres dengan sangat baik. Pada awalnya belum bisa membaca notasi balok menjadi bisa. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Midi Sebagai Media Pembelajaran Angklung Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi di Sanggar Seni Kujang berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Alpasha, Faridnim17101240132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRM. Surtihadi, RM. Surtihadinidn0005077006
ContributorSuryati, Suryatinidn0001096407
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, MIDI, Angklung, Sanggar Seni Kujang
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Farid Alpasha
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:17
Last Modified: 12 Aug 2024 07:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17735

Actions (login required)

View Item View Item