Makna ilustrasi pada poster pameran seni visual di Jogja Gallery: Kajian semiotika visual pada makna ilustrasi poster pameran seni visual di Jogja Gallery periode 2006-2007

Sanjaya, Irwan (2008) Makna ilustrasi pada poster pameran seni visual di Jogja Gallery: Kajian semiotika visual pada makna ilustrasi poster pameran seni visual di Jogja Gallery periode 2006-2007. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Yogyakarta yang merupakan gudangnya seniman, sekarang ini kegiatan berkesenian semakin berkembang. Sejak didirikanya Jogja Gallery, kegiatan berkesenian khususnya seni rupa di Yogyakarta semakin pesat. Yang menarik di sini setiap pergelaran pameran Jogja Galley selalu menampilkan poster dengan ilustrasi berupa karya seni dari salah satu karya yang dipamerkannya. Dalam bidang desain komunikasi visual hubungannya sangat erat antara seni murni, dan desain. Sebuah ilustrasi berupa karya seni dimana karya seni tersebut dipinjam tanda-tanda visualnya dan dipadukan dengan tanda verbalsehingga bisa menghasilkan makna baru yang bisa mengkomunikasikan pesanyang ingin disampaikan. Karya-karya desain komunikasi visual yang meminjam visualisasi karya seni sebagai ilustrasi bisa kita lihat pada karya-karya seperti, poster, sampul kaset, sampul buku dan lain sebagainya. Hal ini menunjukan bahwa karya seni rupa baik itu yang dua dimensional atau tiga dimensional, bisa merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan, khususnya pesan komunikasi visual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna yang terkandung dalam ilustrasi poster dengan menganalisa tanda-tanda visnal baik itu tanda verbal maupun tanda visual yang tampak pada karya poster. Dengan menggunakan teori semiotika yang dalam hal ini semiotika komunikasi visual, poster dianalisis sehingga mendapat kesimpulan bahwa ilustrasi berupa karya seni memiliki pemaknaan yang berbeda bila hal tersebut berhubungan dengan data verbal, dan sebuah ilustrasi dengan meminjam unsur- unsur visual dari karya seni bisa menunjang atau memperkuat pesan yang ingin dikomunikasikan, tetapi juga bisa menimbulkan pomaknaan yang lain di luar pesan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sanjaya, Irwannim0211298024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDTinarbuko, Sumbonip131996634
UNSPECIFIEDSuwarni, Theodoranip130521294
Department: KODEPRODI#90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:32
Last Modified: 12 Aug 2024 06:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17741

Actions (login required)

View Item View Item