Perancangan komunikasi visual revitalisasi nilai-nilai budaya pada permainan tradisional dalam rangka pembentukan karakter bangsa

Setio Margono, Agung (2008) Perancangan komunikasi visual revitalisasi nilai-nilai budaya pada permainan tradisional dalam rangka pembentukan karakter bangsa. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Permainan tradisional Indonesia adalah sebuah peninggalan nenek moyang yang harus kita lestarikan bersama. Melihat kondisi saat ini, peran permainan tradisional dalam kehidupan masyarakat tidak lagi eksis. Hal itu disebabkan oleh kemajuan teknologi yang semakin tinggi dan merubah pola kehidupan masyarakat sehari hari. Padahal permainan tradisional adalah permainan yang edukatif dan sangat penting bagi perkembangan diri anak- anak. Psikologi anak-anak sebenarnya labil, pengalaman sekecil apapun akan di ingat kedalam alam pikirannya Proses perekaman ini adalah sebagai inpur bagi diri anak-anak yang selanjutnya akan di praktikan oleh anak atau mungkin akan menjadi salah satu buah pikiran yang akan membentuk konsep diri anak Apabila anak memainkan permanan modern dalam jangka waktu lama, maka diri anak akan menjadi lemah, tidak bisa mengembangkan potensi din, serta kurang atau tidak adanya kemampuan berinteraksi dengan lingkungannya. Hal tersebut dapat mengakibatkan terhambatnya pembentukan karakter diri seorang anak yang akan membuat mereka menjadi pribadi individual, egois, tidak dapat bersosialisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Setio Margono, Agungnim0311368023
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIED., Lasimannip131773135
UNSPECIFIEDSuryo Banindro, Baskoronip131996632
Department: KODEPRODI#90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: perancangan, komunikasi visual, revitalisasi, karakter bangsa
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:07
Last Modified: 12 Aug 2024 07:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17748

Actions (login required)

View Item View Item