Representasi Karakter Abdi Dalem Musikan Kraton Jogja Dalam Konser Peringatan Hari Pahlawan Di Kagungan Dalem Bangsal Mandhalasana

Meinis Narselina, Puput and Rahmad Dhani, Kurnia and Puspita Divanovena, Gracia and Angriani Nitbani, Lili (2023) Representasi Karakter Abdi Dalem Musikan Kraton Jogja Dalam Konser Peringatan Hari Pahlawan Di Kagungan Dalem Bangsal Mandhalasana. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Puput Meinis Narselina_2023_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Puput Meinis Narselina_2023_Bab I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Puput Meinis Narselina_2023_Bab VI.pdf

Download (98kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo merupakan divisi kesenian pertunjukan di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dan pada tahun 2021 pertama kali membuka pendaftaran atau rekrutmen bagi masyarakat yang ingin mengabdikan diri menjadi abdi dalem. Peluang ini dibuka secara umum tidak untuk menjadi pekerjaan utama individu namun menjadi wadah pengembangan keilmuan seni sebagai simbol pengabdian kebudayaan. Peneliti menyoroti abdi dalem musikan dibidang Musikan (korps pemain alat musik barat), serta konser yang diselenggarakan untuk memperingati hari Pahlawan pada tahun 2021. Dari konser tersebut yang diselenggarakan secara hybrid (online & offline), penulis mendapati adanya ciri khas yang selalu menjadi pembuka lagu bagi abdi dalem musikan khususnya ensambel tiup yakni Musik Klarem dan Setikkan. Yang mana musik ini menjadi lagu wajib sebagai iringan kirab untuk menjemput para abdi dalem musikan dari area Kasatriyan menuju Bangsal Mandalasana yang terletak di Plataran Kedhaton. Karakter patriotik dari abdi dalem musikan tersebut yang melatar belakangi penulis untuk mengkaji berdasarkan teori semiologi dari Roland Barthes. Tujuannya adalah untuk mengetahui representasi karakter abdi dalem musikan Kraton Jogja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiologis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur kepada narasumber. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi pada Prodi Musik, Keraton Yogyakarta, dan masyarakat terkait dengan pelestarian budaya di era new normal dan digital. Pembuktian konsep dan analisis tersebut menjadikan penelitian ini masuk dalam kategori Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) level 3.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Meinis Narselina, Puputnip199105092020122015
Rahmad Dhani, Kurnianip198807272019031012
Puspita Divanovena, Gracianim21102860131
Angriani Nitbani, Lilinim21102840131
Uncontrolled Keywords: Kraton Jogja, KHP Kridhomardowo, Karakter Abdi Dalem Musikan
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 14 Aug 2024 05:33
Last Modified: 14 Aug 2024 05:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17857

Actions (login required)

View Item View Item