Perancangan Iklan Layanan Masyarakat "Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Anak Usia 13-18 Tahun"

Latif, Nur (2012) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat "Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Anak Usia 13-18 Tahun". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Masa remaja adalah masa-masa yang krusial dalam kehidupan karena pada masa ini sedang dalam pencarian identitas diri. Ketiadaan karakter positif dan kuat menyebabkan remaja mudah sekali terombang-ambing arus pergaulan yang negatif. Mereka dapat dengan mudah terjerumus dalam segala bentuk kerusakan, seperti tawuran, bunuh diri, narkoba, dan lain sebagainya. Oleh karenanya pendidikan karakter bangsa dirancang oleh pemerintah untuk membangun kembali karakter individu remaja dan generasi pada umumnya menjadi generasi yang berkarakter positif dan kuat. Dalam proses penanaman karakter positif ini baik dilakukan oleh tiga unsur pelaksana; yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat Dalam perancangan ini menitik beratkan pada keluarga sebagai institusi pendidikan yang pertama dan utama untuk menanamkan pendidikan karakter bangsa. Karena pada hakikatnya, pendidikan di dalam keluarga adalah proses pendidikan sepanjang hayat atas pengembangan dan pembinaan yang dilakukan melalui pengalaman hidup sehari-han dan dipengaruhi oleh sumber belajar yang ada di keluarga utamanya orang tun. Selain itu, keluarga menjadi institusi pendidikan yang pertama dan utama karena keluarga adalah peletak pondasi pertama atas kepribadian seorang anak keluarga adalah wadah pembinaan keislaman untuk setiap anggotanya yang sekaligus akan membentenginya dari pengaruh-pengaruh negatif yang berasal dari luar Dengan demikian, perlu adanya suatu medium (jalur penghubung) antara pemerintah sebagai pemrakarsa program pendidikan karakter bangsa dengan orang tua yang memiliki putra-putri usia 13-18, untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman bagi para orang tua bahwasannya pendidikan karakter bangsa merupakan pendidikan yang penting untuk ditanamkan kepada putra-putri mereka sedini mungkin. Median atau media yang digunakan sebagai komunikasi penghubung tersebut merupakan bagian dari proses perancangan desain komunikasi visual yang digunakan sebagai solusi pemecahan masalah atas permasalahan-permasalahan yang terjadi karena komunikasi yang terputus antara pemerintala sebagai pericetus pendidikan karakter bangsa dengan para orang tua sebagai pelaksana penanaman pendidikan karakter bangsa tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Latif, Nurnim0511476024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWibowo, Wibowonidn0018035702
ContributorGogor Bangsa, Petrusnidn0006017002
Department: KODEPRODI90241#DISAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: karakter negatif. IIM pendidikan karakter bangsa, penanaman karakter bangsa oleh para orang tua
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 15 Aug 2024 16:04
Last Modified: 30 Aug 2024 04:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17993

Actions (login required)

View Item View Item