Topeng Sebagai Tema dalam Seni Lukis

Bagus Ari Maruta, I Gusti Agung (2014) Topeng Sebagai Tema dalam Seni Lukis. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Menciptakan karya seni topeng sebagai tema dalam seni lukis merupakan ketertarikan terhadap salah satu kesenian yang ada di Indonesia khususnya Bali yaitu seni pertunjukan tari yang memakai topeng, sebagai salah satu kepedulian untuk melestarikannya, dalam tariannya, penari topeng harus menyesuaikan dengan lakon dari sifat topeng tersebut, sehingga penonton bisa terkelabui, selain sebagai hasil karya seni untuk dipertontonkan dan hiburan, topeng juga digunakan sebagai sarana untuk persembahan keagamaan. Topeng menarik untuk dipahami, karena banyak unsur-unsur topeng dalam tarian Bali, dari karakter hingga bentuknya bermacam-macam yang kemudian dipahami secara spesifik, dan diteruskan dengan pengalaman yang dirasakan sendiri, atau melihat dari lingkungan sekitar, seperti hubungan manusia dengan alam sekitar dan manusia dengan manusia seiring berkembangnya zaman era gobalisasi. Topeng dihadirkan kembali dengan bentuk yang mengalami deformasi dan juga menghadirkan pesan secara simbolik melalui komposisi elemen-elemen seni rupa pada bidang dua dimensi dengan figur objek topeng agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Bagus Ari Maruta, I Gusti Agungnim0911996021
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorLibert, Titoesnidn0031075401
ContributorWiyono, Wiyononidn0018016702
Department: KODEPRODI90201#SENI MURNI
Uncontrolled Keywords: Topeng,Tema,Seni Lukis
Subjects: Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:14
Last Modified: 30 Aug 2024 07:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item