Amin Ramadhani, Naufal (2024) “Clitoris Of Hera” Strategi Menghadirkan Teleologis dalam Gaya Musik Eklektik pada Kasus Progressive Rock. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Naufal Amin Ramadhani_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Naufal Amin Ramadhani_2024_BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
Naufal Amin Ramadhani_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (835kB) |
|
Text
Naufal Amin Ramadhani_2024_LAMPIRAN 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Naufal Amin Ramadhani_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGGUgWCg-MA8=&rs=AOn4CLDlZykeDMBkR5sF8e5EcvE9RyDYZg Download (52kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang permasalahan pada musik progressive rock di era sekarang yang diartikan sebatas musik dengan kompleksitas tinggi. Hal tersebut ditandai dengan kemunculan riff salad. Penulis memiliki tujuan untuk memberikan alternatif agar musik progressive rock kembali pada esensinya sebagai musik yang penuh eksperimentasi secara kompositoris demi mencapai pemikiran ‘progresif’. Alternatif yang dipakai penulis adalah dengan menggabungkan idiom musik minimalis dari komposer minimalis Steve Reich dan Philip Glass. Pemilihan Reich dan Glass didasarkan pada kebaruan pengembangan musik minimalis dan belum ada yang menjadikan referensi dalam musik progressive rock. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dari idiom minimalis berdasarkan tiga aspek yaitu: tekstur, repetisi, dan density yang merupakan pertimbangan utama dalam penciptaan komposisi musik minimalis. Penulis melakukan analisis ketiga aspek tersebut dari komposisi Steve Reich dan Philip Glass. Hasilnya adalah material yang dipakai penulis dalam membuat komposisi musik progressive rock. Setelah menggunakan material tersebut, penulis menemukan beberapa kasus antara lain: musik minimalis dalam compound form, repetisi dalam progressive rock untuk memunculkan teleologis, penggunaan phase-shifting dalam progressive rock, dan pertimbangan tekstur serta density pada progressive rock. Pada akhir penelitian, penulis mendapatkan wawasan bahwa penggabungan idiom musik minimalis dalam musik progressive rock perlu memperhatikan batasan dalam kedua gaya musik tersebut. Seperti penulis yang berusaha memunculkan teleologis dalam musik progressive rock yang dinamis. Keadaan statisnya dipertahankan oleh repetisi motif dan penggunaan material yang interlocking.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | progressive rock, musik minimalis, Steve Reich, Philip Glass, teleologis | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Naufal Amin Ramadhani | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2024 06:36 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2024 06:36 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18675 |
Actions (login required)
View Item |