PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI ANAK AUTIS BERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDA YOGYAKARTA TAHUN 2016

Dany Indrawan Pratama, 1211806013 (2016) PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI ANAK AUTIS BERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDA YOGYAKARTA TAHUN 2016. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Jurnal - DANY INDRAWAN PRATAMA - 1211806013.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Gangguan autistik, merupakan suatu bentuk kelainan mental. Penyebabnya masih belum diketemukan. Gangguan yang terjadi hingga mencapai 2 dari 5 kasus setiap 10.000 anak usia di bawah 12 tahun. Sementara ini obat yang dipakai untuk menyembuhkan adalah melalui proses terapi dengan tujuan mengurangi permasalahan atau penyakit yang diderita. Jenis terapi di seluruh dunia berjumlah ratusan bahkan ribuan dengan metode yang berbeda-beda pula. Salah satu terapi yang diterapkan untuk penyembuhan adalah menggunakan media musik. Berdasarkan observasi di beberapa sekolah khusus autis, banyak yang sudah menerapkan metode tersebut, salah satunya dan yang menjadi tempat penelitian penulis yaitu di Sekolah Permata Ananda Yogyakarta. Fokus penelitian ini berkaitan dengan jenis terapi musik dan peran musik dalam terapi tersebut. Hasil pengamatan dan observasi partisipatif di lapangan menunjukkan bahwa musik digunakan sebagai sarana memperkuat ingatan (reinforcement) melalui proses pengulangan lagu sederhana. Terapi musik yang diterapkan memberikan kesempatan kepada anak autis untuk lebih berani terbuka dan percaya diri dengan bernyanyi solo. Musik juga membantu meningkatkan kepekaan ritmik melalui permainan gelas yang bersifat perkusif. Bentuk lagu sederhana, one part song form dengan figur yang mudah ditiru atau diikuti memberikan peluang lebih besar untuk memperkuat daya ingat, meningkatkan fokus dan membantu perkembangan bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Dany Indrawan Pratama, 1211806013UNSPECIFIED
Department: Program Studi Seni Musik Jurusan Seni Musik, Fakultas Seni Pertunjukan
Additional Information : A. Gathut Bintarto T
Uncontrolled Keywords: Terapi musik, Autisme, Sekolah Permata Ananda
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 16 Jun 2017 07:05
Last Modified: 16 Jun 2017 07:05
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item