Analisis Visualisasi Aroma Teh pada Kemasan Parfum Lokal di Indonesia

Febricha, Brenda (2025) Analisis Visualisasi Aroma Teh pada Kemasan Parfum Lokal di Indonesia. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Brenda Febricha_2025_FULL TEXT copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB) | Request a copy
[img] Text
Brenda Febricha_2025_BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Brenda Febricha_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (630kB)
[img] Text
Brenda Febricha_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis visualisasi aroma teh pada kemasan parfum merek lokal di Indonesia dengan menggunakan pendekatan teori encoding- decoding dari Stuart Hall. Objek penelitian mencakup empat varian parfum dari merek Mykonos, yaitu Matcha Latte, Tea Poetry, Hawaiian Crush, dan Down To Earth yang memiliki visual kemasan yang berbeda-beda meskipun sama-sama mengandung notasi aroma teh. Penelitian ini berfokus pada bagaimana elemen visual seperti warna, ilustrasi, dan bentuk digunakan oleh produsen untuk menyampaikan pesan tertentu dan bagaimana elemen-elemen tersebut dipahami atau dimaknai oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif- deskriptif yang melibatkan wawancara semi-terstruktur dengan desainer sebagai encoder dan konsumen sebagai decoder. Proses encoding mencakup penggunaan elemen warna yang diasosiasikan dengan karakter aroma, sedangkan decoding mengeksplorasi bagaimana latar belakang individu, preferensi, dan ekspektasi memengaruhi interpretasi konsumen terhadap kemasan. Survei pra-penelitian juga dilakukan untuk membuktikan adanya tren aroma teh pada industri parfum lokal dan menunjukkan popularitas aroma ini di kalangan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan adanya pendekatan yang berbeda-beda dalam memvisualisasikan suatu aroma pada kemasan parfum. Kemudian, dari sisi decoder, warna, ilustrasi, dan desain kemasan yang digunakan untuk merepresentasikan aroma teh dimaknai secara beragam oleh konsumen, dipengaruhi oleh persepsi personal dan budaya. Penelitian ini menegaskan bahwa elemen visual pada kemasan tidak hanya berfungsi sebagai daya tarik estetis, tetapi juga menjadi media komunikasi yang dapat mencerminkan identitas aroma parfum yang abstrak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam pengembangan keilmuan desain komunikasi visual, khususnya dalam memahami hubungan antara elemen visual pada kemasan parfum dan interpretasi konsumen terhadap visual dan aroma, serta memberikan panduan bagi industri kreatif dalam menciptakan kemasan yang lebih komunikatif dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Febricha, Brendanim2012687024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIndrayana, Andikanidn0013118201
ContributorWidyatmoko, FXnidn0010077504
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Visualisasi aroma, kemasan parfum, aroma teh, encoding-decoding
Subjects: Desain produk
Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Brenda Febricha
Date Deposited: 22 Jan 2025 06:31
Last Modified: 22 Jan 2025 06:31
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19018

Actions (login required)

View Item View Item