Model Pembelajaran Kooperatif pada Materi Tari Kreasi di Kelas X E5 MAN 1 Solok Selatan Sumatera Barat

Trisna Dita, Yulia (2025) Model Pembelajaran Kooperatif pada Materi Tari Kreasi di Kelas X E5 MAN 1 Solok Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
YULIA TRISNA DITA_2025_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
YULIA TRISNA DITA_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
YULIA TRISNA DITA_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
YULIA TRISNA DITA_2025_BAB I.pdf

Download (704kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

MAN 1 Solok Selatan adalah sekolah Madrasyah Plus Keterampilan yang terletak di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat yang menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakanan model pembelajaran yang mengutamakan kerja kelompok. Mata pelajaran yang mengunakan model pembelajaran kooperatif salah satunya pembelajaran seni budaya pada materi kari kreasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam pembelajaran seni budaya pada materi tari kreasi di MAN 1 Solok Selatan. Menemukan penerapan model pembelajaran kooperatif dapatmengembangkan kerjasama peserta didik dan dapatmeningkatkan nilai akademik pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi khasus. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model kooperatif pada materi tari kreasi. Subjek peserta didik MAN 1 Solok Selatan yang terlibat dalam penerapan model kooperatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses validasi data dengan triangulasi dengan cara membandingkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian proses pembelajaran seni budaya pada materi tari kreasi menggunakan model pembelajaran kooperatif ada perbedaan pada tahapan peserta didik mengerjakan secara mandiri, tetapi guru menerapkan peserta didik mengerjakan secara berkelompok. Pembelajaran dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu kelompok melayu, kelompok Pasambahan, dan Kelompok tari piriang. Proses pembelajaran menggunakan 12 tahapan kooperatif. Tahapan ini membantu peserta didik untuk memahami materi yang diberikan guru, mengembangkan kolaboratif peserta didik dan meningkatkan nilai akademik. Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, tari Melayu, tari Pasambahan, tari Piring , MAN 1 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Trisna Dita, Yulianim2010278017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartin Simamora, Roynidn002410907
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif, tari Melayu, tari Pasambahan, tari Piring , MAN 1 Solok Selatan.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Yulia Trisna Dita
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:47
Last Modified: 14 Feb 2025 06:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19550

Actions (login required)

View Item View Item