Trisna Dita, Yulia (2025) Model Pembelajaran Kooperatif pada Materi Tari Kreasi di Kelas X E5 MAN 1 Solok Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
![]() |
Text
YULIA TRISNA DITA_2025_BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
YULIA TRISNA DITA_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
![]() |
Text
YULIA TRISNA DITA_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
YULIA TRISNA DITA_2025_BAB I.pdf Download (704kB) |
Abstract
MAN 1 Solok Selatan adalah sekolah Madrasyah Plus Keterampilan yang terletak di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat yang menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakanan model pembelajaran yang mengutamakan kerja kelompok. Mata pelajaran yang mengunakan model pembelajaran kooperatif salah satunya pembelajaran seni budaya pada materi kari kreasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam pembelajaran seni budaya pada materi tari kreasi di MAN 1 Solok Selatan. Menemukan penerapan model pembelajaran kooperatif dapatmengembangkan kerjasama peserta didik dan dapatmeningkatkan nilai akademik pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi khasus. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model kooperatif pada materi tari kreasi. Subjek peserta didik MAN 1 Solok Selatan yang terlibat dalam penerapan model kooperatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses validasi data dengan triangulasi dengan cara membandingkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian proses pembelajaran seni budaya pada materi tari kreasi menggunakan model pembelajaran kooperatif ada perbedaan pada tahapan peserta didik mengerjakan secara mandiri, tetapi guru menerapkan peserta didik mengerjakan secara berkelompok. Pembelajaran dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu kelompok melayu, kelompok Pasambahan, dan Kelompok tari piriang. Proses pembelajaran menggunakan 12 tahapan kooperatif. Tahapan ini membantu peserta didik untuk memahami materi yang diberikan guru, mengembangkan kolaboratif peserta didik dan meningkatkan nilai akademik. Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, tari Melayu, tari Pasambahan, tari Piring , MAN 1 Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif, tari Melayu, tari Pasambahan, tari Piring , MAN 1 Solok Selatan. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Yulia Trisna Dita | |||||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2025 06:47 | |||||||||
Last Modified: | 14 Feb 2025 06:57 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |