Adi Ariesta, Tatianingrum (2025) Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Materi Keaktoran Pada Ekstrakurikuler Teater Di SMA Negeri 1 Srengat. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
![]() |
Text
TATIANINGRUM ADI ARIESTA_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
TATIANINGRUM ADI ARIESTA_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
TATIANINGRUM ADI ARIESTA_2025_BAB V.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
TATIANINGRUM ADI ARIESTA_2025_FORM-PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan siswa SMA Negeri 1 Srengat Blitar dalam ekstrakurikuler Teater dalam meraih prestasi diperlukan adanya dukungan, inovasi, kerja sama, inovasi baru dengan pembina ekstrakurikuler untuk menunjang keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler serta meningkatkan hasil belajar baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Salah satunya dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dalam materi keaktoran pada ekstrakurikuler Teater di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi keaktoran dalam kegiatan ekstrakurikuler Teater di SMA Negeri 1 Srengat Blitar, dengan subjek penelitian guru pembina ekstrakurikuler dan siswa yang bergabung dalam ekstrakurikuler Teater Asmat Sumber data adalah guru sebagai pembina ekstrakurikuler dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan analisis data interaktif Miles & Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam materi keaktoran pada kegiatan ekstrakurikuler Teater di SMA Negeri 1 Srengat Blitar berjalan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah model kooperatif tipe Jigsaw, yaitu menyampaikan tujuan, informasi., membentuk kelompok asal dan kelompok ahli., kembali pada kelompok asal, evaluasi, dan refleksi. Adanya model kooperatif tipe Jigsaw ini pada materi keaktoran dalam ekstrakurikuler Teater membuat siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kerja sama antarkelompok, lebih berperan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan percaya diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif tipe Jigsaw, Keaktoran | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Tatianingrum Adi Ariesta | |||||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2025 06:36 | |||||||||
Last Modified: | 14 Feb 2025 06:36 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |