Noor Atyya Putri, Nadia (2025) Kompetensi Profesional Guru Seni Budaya Alumni Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta Di SMP Wilayah Kabupaten Bantul. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
![]() |
Text
Nadia Noor Atyya Putri_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nadia Noor Atyya Putri_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Nadia Noor Atyya Putri_2025_BAB V.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
NADIA NOOR ATYYA PUTRI_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
Abstract
Program Studi Pendidikan S1 Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, merupakan prodi yang memiliki profil dengan lulusan yang menjawab kebutuhan tenaga pendidik di bidang seni sebagai guru Seni Budaya. Sebagai guru Seni Budaya dituntut harus menguasai kompetensi mengajar guru seperti, kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional. Penelitian ini difokuskan pada kompetensi mengajar guru khususnya kompetensi profesional. Kompetensi profesional merupakan kemampuan seorang guru dalam menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki dalam melakukuan suatu pekerjaan dengan baik yang sesuai dengan bidangnya. Adanya lulusan yang menjadi pendidik atau guru Seni Budaya maka perlu diketahui kondisi kompetensi profesional yang dimiliki oleh alumni yang menjadi guru Seni Budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta mendeskripsikan kompetensi profesional guru Seni Budaya Alumni Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP wilayah Kabupaten Bantul, yang merupakan tempat bekerja Alumni Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer meliputi wawancara dengan guru Seni Budaya, alumni Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan yang menjadi guru Seni Budaya, peserta didik, dan kepala sekolah di SMP wilayah Kabupaten Bantul. Sumber data sekunder meliputi foto kegiatan belajar mengajar di kelas, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan dokumen resmi sekolah. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode, dan analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lulusan alumni Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta sudah berkompeten dalam menguasai kompetensi mengajar guru yang sesuai dengan bidangnya, khususnya pada kompetensi profesional pada pembelajaran Seni Budaya di sekolah, dengan indikator konten pembelajaran dan cara mengajarkannya, karakateristik dan cara belajar peserta didik, kurikulum dan cara menggunakannya. Adapun upaya yang dilakukan untuk alumni untuk meningkatkan kompetensi profesional tentunya dengan cara aktif dalam organisasi guru, mengikuti program gerakan guru membaca, dan keikusertaan dalam pelatihan dan seminar yang diselenggarakan di sekolah maupun luar sekolah. Kata kunci: guru Seni Budaya, kompetensi guru, kompetensi profesional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | guru Seni Budaya, kompetensi guru, kompetensi profesional | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Nadia Noor Atyya Putri | |||||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:10 | |||||||||
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:10 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |