Efektifitas AI 3D Generation Dalam Proses Produksi Environment Animasi 3D “SMASH Episode : Pilot” Dengan Teknik Kitbashing

Raihan, Dwiki Muhammad (2025) Efektifitas AI 3D Generation Dalam Proses Produksi Environment Animasi 3D “SMASH Episode : Pilot” Dengan Teknik Kitbashing. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Dwiki Muhammad Raihan_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Dwiki Muhammad Raihan_2025_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dwiki Muhammad Raihan_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Dwiki Muhammad Raihan_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (103kB)
[img] Video
Dwiki Muhammad Raihan_2025_LAMPIRAN 1.mp4

Download (4MB)
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://youtu.be/EFSy6UD4h5s

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi tantangan besar di berbagai sektor, termasuk di bidang animasi. Padahal, tanpa disadari, AI juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti asisten virtual, aplikasi pengeditan foto, hingga algoritma rekomendasi di media sosial. Efektivitas AI yang mampu menyamai atau bahkan melampaui pekerjaan manusia dalam waktu singkat menjadi peluang di industri kreatif seperti animasi, yang dapat berfungsi sebagai sumber inspirasi maupun penggerak di bagian produksi animasi, salah satunya pembuatan aset. Film animasi SMASH bercerita tentang seorang pemuda bernama Abim, seorang anak kelas 2 SD yang bertubuh gemuk namun lincah, terinspirasi menjadi atlet bulutangkis setelah menonton liputan tentang legenda Liem Swie King bersama ayahnya. Penelitian ini mengukur bagaimana efektivitas penerapan AI Generate dan teknik kitbashing dalam proses produksi environment animasi SMASH, dengan fokus pada bagaimana kedua pendekatan tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas hasil produksi. Pengunaan AI dalam produksi animasi 3D memberikan manfaat signifikan dengan mengurangi biaya produksi pembuatan environment, memangkas waktu yang diperlukan untuk proses animasi, serta meningkatkan efektivitas produksi sebesar 40% sehingga para animator dapat menghasilkan lebih banyak karya berkualitas dalam waktu yang lebih singkat. Diharapkan studio animasi di Indonesia diharapkan mengadopsi integrasi teknologi AI dan teknik kitbashing dalam proses produksi animasi 3D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Raihan, Dwiki Muhammadnim2300016234
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorGunanto, Samuel Gandangnidn0016108001
ContributorWarman, Rahmat Adityanidn0018048810
Department: KODEPRODI90345#ANIMASI
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan buatan, Kitbashing, efektifitas, environment
Subjects: Televisi > Animasi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3/D4 Animasi
Depositing User: Dwiki Muhammad Raihan
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:33
Last Modified: 20 Jun 2025 06:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item