Raihan, Dwiki Muhammad (2025) Efektifitas AI 3D Generation Dalam Proses Produksi Environment Animasi 3D “SMASH Episode : Pilot” Dengan Teknik Kitbashing. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Dwiki Muhammad Raihan_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Dwiki Muhammad Raihan_2025_BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Dwiki Muhammad Raihan_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
Dwiki Muhammad Raihan_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (103kB) |
![]() |
Video
Dwiki Muhammad Raihan_2025_LAMPIRAN 1.mp4 Download (4MB) |
![]() |
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi tantangan besar di berbagai sektor, termasuk di bidang animasi. Padahal, tanpa disadari, AI juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti asisten virtual, aplikasi pengeditan foto, hingga algoritma rekomendasi di media sosial. Efektivitas AI yang mampu menyamai atau bahkan melampaui pekerjaan manusia dalam waktu singkat menjadi peluang di industri kreatif seperti animasi, yang dapat berfungsi sebagai sumber inspirasi maupun penggerak di bagian produksi animasi, salah satunya pembuatan aset. Film animasi SMASH bercerita tentang seorang pemuda bernama Abim, seorang anak kelas 2 SD yang bertubuh gemuk namun lincah, terinspirasi menjadi atlet bulutangkis setelah menonton liputan tentang legenda Liem Swie King bersama ayahnya. Penelitian ini mengukur bagaimana efektivitas penerapan AI Generate dan teknik kitbashing dalam proses produksi environment animasi SMASH, dengan fokus pada bagaimana kedua pendekatan tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas hasil produksi. Pengunaan AI dalam produksi animasi 3D memberikan manfaat signifikan dengan mengurangi biaya produksi pembuatan environment, memangkas waktu yang diperlukan untuk proses animasi, serta meningkatkan efektivitas produksi sebesar 40% sehingga para animator dapat menghasilkan lebih banyak karya berkualitas dalam waktu yang lebih singkat. Diharapkan studio animasi di Indonesia diharapkan mengadopsi integrasi teknologi AI dan teknik kitbashing dalam proses produksi animasi 3D.
Item Type: | Thesis (Diploma) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90345#ANIMASI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan buatan, Kitbashing, efektifitas, environment | |||||||||
Subjects: | Televisi > Animasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3/D4 Animasi | |||||||||
Depositing User: | Dwiki Muhammad Raihan | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:33 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jun 2025 06:42 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |